Senin, 01 Juni 2020

Apa kepanjangan BUMN dan BUMD?

kepanjangan BUMN

Pernah mendengar kata Bumn? Ketika belajar tentang perekonomian, kamu mungkin akan berjumpa dengan istilah BUMN maupun BUMD. Apa kepanjangan BUMN dan apa pula kepanjangan BUMD? 

BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara. Jadi gampangnya, ini adalah bentuk perusahaan yang dimiliki dan dikelola oleh negara, serta keuntungan yang diperoleh juga untuk kesejahteraan negara beserta rakyatnya. 

Sedangkan kepanjangan BUMD adalah Badan Usaha Milik Daerah. BUMD juga dimiliki oleh negara dan dikelola oleh negara. Hanya saja, pada BUMD pengelolanya berada di tingkat pemerintah daerah. 


Secara lebib spesifik, perbedaan BUMN dan BUMD terletak pada skala pengelolaannya atau kepemilikannya.  BUMN dan BUMD sama sama milik negara dengan tujuan untuk kesejahteraan rakyat. Hanya saja, BUMN kepemilikan dan pengelolaannya berada di tingkat pemerintah pusat dan ditujukan untuk seluruh rakyat di negara. Begitu pula BUMN juga dapat beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. 

Sedangkan pada BUMD, skala kepemilikan serta operasi bisnisnya berada di tingkat pemerintah lokal. Jadi, pemiliknya adalah daerah tertentu. Kepemilikan BUMD juga harus dipisahkan dari kekayaan daerah. Dari sisi operasional, BUMD dapat menyelenggarakan kegiatan usaha di wilayah asalnya atau di wilayah lain, dengan syarat adanya izin kerjasama dari pemerintahan daerah tersebut.

Demikian kepanjangan BUMN dan BUMD serta penjelasannya. 

Sabtu, 09 Mei 2020

Apa singkatan PGRI? Apa Maksudnya?

PGRI

Pernah mendengar kata PGRI? Istilah atau singkatan PGRI termasuk salah satu singkatan yang populer loh. Apalagi, di dunia pendidikan. Singkatan ini seolah menjadi hal yang sangat akrab bagi mereka yang berkecimpung, terutama yang bekerja di dunia pendidikan.

Tapi, sudah tahukah kamu tentang singkatan PGRI atau kepanjangan dari PGRI ini? Kepanjangan PGRI sangat sederhana dan harus kamu tahu loh. Apalagi, bagi kamu yang bercita -cita menjadi seorang pendidik anak -anak sekolah.

Kepanjangan PGRI
Kepanjangan PGRI adalah Persatuan Guru Republik Indonesia. PGRI alias persatuan guru dari seluruh wilayah di Republik Indonesia ini merupakan suatu bentuk organisasi ya. DI dalam organisasi ini, beranggotakan para guru yang berasal dan berada di seluruh Indonesia.

Tujuan dari PGRI adalah untuk memperjuangkan hak dan kepentingan guru. Tentunya, hak dan kepentingan yang dimaksud ini meliputi hal -hal yang positif ya. Misalnya mengenai bagaimana insentif atau tunjangan yang layak bagi guru, bagaimana penyusunan kurikulum dalam pendidikan, bagaimana cara mengasah kompetensi guru, dan lain hal.


Sekilas Sejarah PGRI
Jika menengok sejarah PGRI di masa orde baru, PGRI juga pernah berada di bawah komando Golkar. Sederhananya, PGRI di masa orde baru menyalurkan aspirasi politiknya melalui Golkar atau Golongan Karya atau yang kini lebih dikenal sebagai Partai Golkar.

Akan tetapi, seiring tumbangnya orde baru ini, sistem kerja dan proses penyaluran aspirasi dari PGRI pun ikut berubah. Setelah masa reformasi, PGRI menyatakan diri sebagai suatu organisasi yang independen.

Sebagai organisasi yang independen, artinya PGRI tidak lagi terikat pada kekuatan politik dari Partai Golongan Karya, mau pun partai lain mana pun. PGRI kini lebih leluasa dan merdeka dari kegiatan politik dan lebih berfokus hanya pada hak, kewajiban dan kepentingan guru -guru di dunia pendidikan.

Peran PGRI dalam pendidikan di Indonesia ini cukup besar loh ya. Para guru -guru inilah yang telah membentuk kita, sebagai anak bangsa, bisa menjadi lebih cerdas, berbudaya dan beretika. Meski sekarang degradasi moral bangsa kian santer terlihat, tapi setidaknya masih banyak pula penerus -penerus bangsa yang patut dibanggakan.

Tentunya, tugas untuk mencerdaskan dan membuat bangsa ini lebih beretika bukan hanya tugas para guru semata. Kita semua sebagai bagian dari bangsa Indonesia juga wajib mengambil peran penting ini.

Sudah tahu kan apa kepanjangan PGRI atau pun arti dari singkatan PGRI ini? 

Selasa, 05 Mei 2020

Apa Kepanjangan DAK?


Pernah mendengar tentang DAK? Sudah tahu apa kepanjangan DAK? Istilah atau singkatan ini sering muncul pada berbagai pembahasan mengenai anggaran loh ya. Utamanya, DAK sering dibahas dalam sebuah konsep umum terkait pendapatan negara. 

Bagi para politikus wajib tahu nih apa itu DAK. Bagi yang sedang belajar ekonomi, hukum, administrasi negara, dan bagi para warga negara yang baik, mengetahui apa itu kepanjangan DAK juga penting nih.

Apa itu DAK?

Jadi DAK adalah kepanjangan dari Dana Alokasi Khusus. Maksud dari Dana Alokasi Khusus ini adalah uang yang bersumber dari pendapatan anggaran pendapatan belanja negara, yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Nah loh, bingung gak tuh tentang pengertian DAK? Gak ruwet khan? Pada intinya, DAK itu adalah masalah dana yang sumbernya dari anggaran pendapatan belanja negara alias uang pemerintah nasional. Tapi, diberikan kepada daerah -daerah tertentu saja. Tujuannya, agar uang tersebtu digunakan untuk mendanai kegiatan daerah. 

Soal penentuan daerah dan kegiatan yang berhak dan bisa mendapatkan Dana Alokasi Khusus ini tetap disesuaikan dengan prioritas nasional yang ditentukan dalam perundang -udangan loh yah.

UU No. 32/ 2004 Pasal 162 (1)

Ada juga pasal -pasal atau ayat yang terkait langsung dengan ketentuan ini. Misalnya, pada UU No. 32/ 2004 Pasal 162 (1). Sebagaimana pula yang dimaksudkan dalam pasal 159 huruf c, DAK ini dialokasikan dari anggaran nasional kepada daerah tertentu dalam rangka pendanaan pelaksanaan desentralisasi, untuk :
• Mendanai kegiatan khusus yang ditentukan pemerintah atas dasar prioritas nasional.
• Mendanai kegiatan khusus yang diusulkan daerah tertentu.

Besaran DAK
Lantas, berapa ya besaran DAK ini? Kalau merujuk pada UU No. 33/ 2004 Pasal 39 (1), besaran DAK ini ditetapkan setiap tahun dalam anggaran pendapatan belanja negara. Jadi ya, tergantung penetapannya ya.

Hmm, bagaimana? Sudah jelas dan paham soal apa itu DAK? Apa kepanjangan DAK? Semoga artikel yang sepele ini bisa bermanfaat besar ya. 

Jangan lupa tengok, apa itu DAU di sini …

Jumat, 01 Mei 2020

Apa itu CEO? Apa Tugasnya?

Apa itu CEO? Apa Tugasnya?

Pernah mendengar istilah CEO? Pasti sering ya? Terutama, bagi Kamu yang senang mengikuti perkembangan dunia bisnis, sekaligus bagi Kamu yang senang mengikuti perkembangan dunia drama ala bos bos. Istilah CEO pasti sering muncul.

Lalu, apa itu CEO? Apa kepanjangan CEO dan apa pula tugas CEO? Mari ktia simak.

Kepanjangan CEO

Kepanjangan CEO adalah Chief Executive Officer. Chief Executive Officer merupakan ‘kepala’ atau yang memimpin. Executive berarti jajaran direksi. Sehingga definisi CEO adalah seseorang yang dipercaya memimpin jajaran direksi suatu perusahaan. 

Sederhananya, dia adalah pemimpin perusahaan. CEO adalah jabatan seorang pada pimpinan puncak di suatu perusahaan. Orang yang memegang jabatan CEO berarti ia juga menjadi representasi dari perusahaan tersebut. 

CEO bahkan disebut sebagai muka dari perusahaan, yang mewakili perusahaan dalam hubungannya dengan para relasi di luar perusahaan, seperti dengan press, investor, juga dengan security exchange.

Tugas CEO yang paling utama adalah untuk menentukan arah perusahaan, menentukan strategi yang hendak dijalankan untuk mengembangkan perusahaan, menetapkan pilihan akuisisi, serta menetapkan berbagai keputusan besar yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Bagi suatu perusahaan, CEO ibarat seorang kapten pada sebuah kapal. CEO menjadi sosok yang disebut “pemimpin” yang sebenarnya dari perusahaan, entah perusahaan itu adalah perusahaan besar maupiun kecil, CEO tetap menjadi sosok pemimpin paling atas dalam struktur organisasi perusahaannya. 

Baca juga: APA ITU FRANCHISE FEE?

CEO harus mampu mengawasi segala operasional perusahaan dan memastikan bahwa operasional tersebut dapat mengantarkan pada goal perusahaan. CEO juga disebut sebagai Direktur Utama.

Direktur utama ini merupakan representasi dari leader yang duduk di jajaran direksi. Oleh karena itu, keberadaan CEO bisa diangkat oleh dewan komisaris. CEO secara umum juga memiliki siklus masa jabatan, terkadang per 5 tahun atau per 10 tahun, bergantung pada kebijakan perusahaan.

Namun, perlu diketahui bahwa seorang CEO tidak bisa memimpin perusahaan sendirian. CEO membutuhkan bantuan dari jajaran direksi yang ada di bawahnya. Misalnya saja, CEO didukung oleh kehadiran Wakil Direktur. 

Nah, Wakil Direktur inilah yang biasanya memiliki banyak istilah baru, yang sering membuat orang bingung, seperti CMO, CFO, CTO, atau bahkan COO.

Minggu, 26 April 2020

Profil Negara Laos - Ini Loh Ibukota Laos

Ibukota Laos

Ada yang tahu negara mana di Asia Tenggara yang tidak memiliki pantai?? Kawasan hutannya yang rapat membuat negara ini menjadi penghasil kayu. Yang mengetahui tentu akan menjawab, Laos. Ya, Negara Laos adalah negara yang berasal dari kata Lan Xang (Kerajaan Gajah).

Sudah kenal dengan profil negara Laos? Atau lagi cari tahu lebih lanjut tentang porfil negara Laos dan ibukota Laos? Bagi orang yang sudah tahu, tentu ini hal mudah. Tapi yang belum tahu, pasti ini pertanyaan sulit ya? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Laos adalah salah satu negara yang menganut paham komunis loh. Laos dijajah oleh Perancis dan merdeka pada 22 oktober 1953. Jika kita sering mendengar bahwa Laos adalah negara yang terkurung atau terkunci, itu menandakan bahwa Laos adalah negara yang akan sulit mempertahankan diri jika berperang. Kenapa? Karena Laos tidak memiliki wilayah perairan alias Lautan.

Jadi, Ibukota Laos adalah Vientiane, yang letaknya di lembah Mekong, terletak diperbatasan Thailand. Kota ini dibagi menjadi 5 distrik. Lalu mengapa para Traveler menjadikan Vientiane sebagai sasaran mereka? Seperti kita tahu, Laos tidak memiliki wilayah pantai.

Baca juga: APA SIH LEBAY ITU?

Akan tetapi, jika bicara wisata budaya dan peninggalan kebudayaan, Laos sangatlah mumpuni untuk dikunjungi. Dan jangan bayangkan ibukota Indonesia yang padat dan macet ditambah dengan polusi kendaraan, karena Vientiane tidaklah demikian. Pokoknya asyik dech.

Ada banyak ikon wisata di Vientiane. Objek wisata Patuxai yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah gerbang kemenangan, merupakan ikon dari kota ini. Dibangun untuk para mereka pahlawan korban perang. Mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, tapi Laos tetaplah Laos, sehingga ornamennya memberi kesan yang Laos banget. Mengapa begitu? Ada dekorasi makhluk mitologi asal Laos, ditambah lukisan dewa Wisnu dan Brahma.

Bergeser ke selatan dari pusat kota ada Taman Buddha (Xieng Khuan).  Di taman ini terdapat lebih dari 200 patung besar yang dibuat oleh satu orang seniman. Gak bakal nyesel kalo dateng ke sini. Ada patung Buddha tidur yang panjangnya 50 meter. Pengunjung juga dapat menikmati banyak patung kecil saat berjalan di dalam salah satu patung besar dan menuju puncaknya.

Ibukota Laos memiliki banyak wat (kuil). Sekalipun tidak memiliki pantai, toh masih ada sungai Mekong yang mengalir indah. Kita bisa berjalan-jalan sore menyusuri sungai Mekong ini sambil menunggu Night Market (Pasar Malam).  

Kamis, 23 April 2020

Apa itu Franchise Fee?

Apa itu Franchise Fee?

Ingin terjun dalam dunia bisnis tapi tak mau ribet? Franchise memang bisa jadi pilihan tepat. Tapi sebelum memutuskan membeli franchise, pahami dulu istilah istilah penting dalam bisnis franchise, seperti franchise fee. 

Sebab, hampir semua jenis franchise menuntut adanya pembayaran franchise fee. Pertanyaannya, apa itu franchise fee? 

Apa itu franchise fee? 

Franchise fee dalam dunia bisnis franchise didefinisikan sebagai biaya pembelian hak franchise yang dihitung dalam jangka waktu tertentu. Franchise Fee adalah nilai yang oleh franchisee atau pembeli franchise, kepada Franchisor atau penjual/pemilik franchise. 

Franchise ini merupakan suatu bentuk “penghargaan” yang diberikan atas pengalaman Franchisor yang sukses menjalankan dan mengembangkan format bisnisnya sehingga dapat diduplikasi dengan sistem franchise.

Baca juga: HARI KEMERDEKAAN SINGAPURA

Pembayaran Franchise Fee hanya dilakukan sebanyak satu kali saja, yakni ketika awal masa perjanjian franchise. Karena pembayaran ini, franchise fee terkadang juga disebut sebagai one time fee.

Ingat, franchise fee ini berbeda dengan royalty fee ya. Karena yang dimaksud sebagai Royalty Fee adalah kontribusi bagi hasil dari pendapatan Franchisee (biasanya dari penjualan) atas penggunaan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang dimiliki oleh Franchisor dalam menjalankan bisnisnya.

Jadi, sudah jelas apa itu franchise fee bukan? Semoga bermanfaat. 

Kamis, 16 April 2020

Apa Sih Lebay Itu?

lebay

Ah, jika bangsa lain sulit menguasai bahasa Indonesia, itu wajar sekali. Kenapa? banyak istilah yang tidak ada di kamus besar dan bahkan tidak ada di bahasa-bahasa lain didunia. Contohnya kata Lebay. Penggambaran kata lebay itu tidak bisa dengan satu kata saja. Lebay harus dipaparkan secara mendalam dan melalui proses pengalaman panjang (ahh.. lebay).

Bingung? Bagi yang sudah tahu, lebay ini adalah kata yang sepele dan pasti sudah tahu apa maksudnya. Nah buat yang masih bingung apa arti lebay, santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Mari kita cari tahu artinya, pada artikel kali ini. Lebay adalah sebuah kata istilah yang muncul di tahun 2006-an. Artinya adalah melebih-lebihkan segala sesuatu. Namun, bisa juga berarti sombong, egois, cengeng, dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri orang yang bersikap demikian dapat dilihat dari perkataannya yang terkesan tidak mungkin/ tidak masuk akal. Orang lebay jika tersenggol sedikit akan bilang ‘a,b,c,d …z’. Jika dia melihat kekasihnya dengan orang lain akan menjadi overprotektif, lalu mendatangi orang tersebut dan memukulinya.

Simak juga: Apa itu Baper?

Intinya sih orang yang senang melebih-lebihkan, bahkan masalah sepele sekalipun. Jujur saja saya sedikit kebingungan mendefinisikannya secara pasti. Kenapa? Karena kata ini sudah terlanjur populer sebelum maknanya disepakati secara spesifik. Belum ada yang tahu juga ini bahasa darimana?

Apakah sudah ada sebelumnya dari bahasa-bahasa di negara lain atau dari bahasa daerah di Indonesia. Tapi saya rasa belum ada. Ini adalah pemikiran kreativitas dari seseorang yang menciptakannya.

Selasa, 14 April 2020

Apa ya Singkatan PLN Itu?

Singkatan PLN

Ada yang tahu dengan perusahaan yang memiliki misi menjalankan bisnis kelistrikan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan? Menjadikan tenaga listrik untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarat? Yah.. PLN. Seperti dikatakan oleh Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla, Bahwa listrik kini sudah menjadi bahan pokok.

Arti kata, sembilan bahan pokok atau SEMBAKO sudah bertambah menjadi sepuluh, karena listrik masuk juga. Betulkah? Tapi, apa sih singkatan PLN itu? Ada yang belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Profil PLN

PLN sendiri berdiri saat Belanda mulai bergerak pada bisnis pabrik di Indonesia. Belanda membuka pabrik gula dan teh di kawasan pulau jawa, tentu sebuah pabrik harus memiliki listrik yang memadai. Akhirnya pada abad ke 19, kelistrikan dikawasan Indonesia mulai ditingkatkan. Ups lupa, singkatan PLN adalah Perusahaan Listrik Negara. Tahu ya singkatan PLN?

Dan seperti kita tahu bahwa pada tahun 1942-1945, Belanda menyerahkan perusahaan-perusahaannya kepada Jepang. Sehingga terjadilah peralihan pengelolaan pada PLN pula.  Ehh ternyata Jepang juga menyerah terhadap sekutu pada akhir perang dunia ke II pada 1945. Gimana sih ini? hhaa.

Baca juga: APA KEPANJANGAN GWS?

Pada saat inilah perusahaan PLN diserahkan kepada pemerintah Indonesia sepenuhnya. Pak presiden Soekarno juga membentuk jawatan listrik dan gas di bawah departemen pekerjaaan umum.

Belum selesai, tahun 1961, jawatan listrik dan gas diubah namanya menjadi BPU-PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara). Seiring dengan kebijakan yang diberikan kepada sektor swasta maka, tahun 1994 status PLN beralih menjadi perusahaan perseroan yang sebelumnya adalah perusahaan umum. Sampai sekarang PLN bertugas memberikan listrik kepada seluruh masyarakat. Panjang sekali sejarah PLN jika diuraikan secara detail disini, jadi singkat saja deh.

Mulai saat ini, teman-teman harus tahu apa itu PLN. Awas ya, jangan cuma mengeluh pas mati lampu saja bilang, "Aduh kebangetan nih PLN, aku kan lagi ngerjain tugas, kok mati sih," padahal kita gak tahu singkatan PLN apa, kan malu.

Tapi PLN sudah memiliki motto yang berbunyi "Listrik untuk kehidupan yang lebih baik", Jadi jangan mengeluh kalo mati lampu. Mungkin saja PLN sedang melakukan pembaruan kabel bawah tanah, yang memakan waktu pengerjaannya dan demi keamanan harus dimatikan aliran listriknya.