Selasa, 07 April 2020

Hari Kemerdekaan Singapura

Hari Kemerdekaan Singapura

Singapura, adalah negara tetangga yang sempurna, bersih, teratur, pusat hiburan lengkap, dan masih banyak lagi. Lewat buku-buku sejarah kita tahu bahwa Singapura dulunya adalah bagian dari kerajaan Sriwijaya, pada abad ke-14. 

Dulu bernama Tamasek, sampai Sang Nila Utama, Raja Sriwijaya mengunjunginya. Singapura masih menjadi teritori Sultan Melayu sampai 1824. Kemudian menjadi kolonial Britania pada 2 Agustus 1824.

Stamford Raffles, adalah orang yang lebih termasyur dibanding Sang Nila Utama. Nama Raffles ada ditiap sudut-sudut kota Singapura. Dia adalah seorang petinggi Inggris yang dilantik di Bengkulu. 

Kepopulerannya bukan tanpa sebab, Ia yang menyulap Singapura menjadi modern pada awal dekade 1800-an. Lokasi Singapura yang strategis, berada di Hindia dan Laut China selatan menjadikannya pelabuhan yang kerap didatangi saudagar. Saat inilah mulai berdatangan orang dari Asia Tenggara, Eropa, dll. Jadilah SIngapura yang multi etnis.

Tentara Jepang mendarat di Bharu, Kelantan. Kapal Prince of Wales dan kapal Repulse tenggelam akibat dimusnahkan oleh tentara Jepang. Jepang terus maju, sehingg amemaksa Inggris untuk mundur. 

Sampai akhirnya Jepang berhasil menguasai tanah melayu dan bersiap menyerang Singapura. Letnan-Jenderal Arthur Ernest Percival, Inggris menyerah kalah terhadap jepang.
Nah, karena Singapura dijajah Inggris, tentu dong ada hari kemerdekaan Singapura.

Hari kemerdekan Singapura adalah pada tanggal 9 Agustus 1965. Presiden pertamanya bernama Yusof bin Ishak dan Lee Kuan Ywe menjadi perdana menteri pertama Republik Singapura. Lee Kuan Ywe yang terkenal dengan legalitas kasino di Singapura untuk mendongkrak pariwisata.

Begitulah sejarah singkat Singapura yang kini memiliki ekonomi pasar yang sangat maju. Ekonomi Singapura sangat kompetitif, tak heran jika Singapura adalah salahsatu negara macan Asia. Banyak Ekspatriat yang bekerja di Singapura.

Dari segi militer, walaupun Singapura negara yang kecil, tapi Singapura memiliki pasukan militer yang maju di Asia Tenggara. Angkatan bersenjata mempunyai tugas untuk mencegah adanya kemungkinan serangan serta menyediakan bantuan kemanusiaan. 

Singapura memiliki jaringan pelatihan bersama Amerika Serikat, Australia, Republik Tiongkok, Perancis. Singapura sangat waspada dalam memperkuat pertahanannya sejak 1980.

Minggu, 05 April 2020

Apa itu Broker Forex? Cari Tahu di sini

Bagi Anda yang sedang belajar di dunia investasi seperti trading forex, tentu Anda akan menemui banyak istilah penting untuk diketahui. Salah satu istilah penting yang harus Anda tahu adalah broker. Nah, lanjut saja, apa itu broker? 

Apa Itu Broker?

Jadi, pengertian broker dalam dunia forex adalah sebutan bagi suatu perusahaan, agen, institusi, ataupun pribadi-pribadi yang tugasnya adalah mempertemukan pihak pembeli dan pihak penjual dalam aktivitas jual beli mata uang (forex) dan juga future (komoditas dan CFD).

Broker juga sering disebut sebagai pialang atau perusahaan pialang. Broker ini juga merupakan pemain kunci dalam bisnis forex atau trading. Sebab, untuk bisa melakukan aktivitas trading future ataupun trading forex, kita harus menggunaakn bantuan dari broker alias perusahaan pialang ini.

Aktivitas trading forex alias jual beli mata uang asing didominasi oleh bank-bank kelas atas di berbagai negara. Sebab, produk yang diperjualbelikan merupakan produk mata uang yang memang tidak bisa diakses sembarang orang. Disinilah pentingnya peran broker.

Baca juga: APA ITU PROGRAM?

Para trader kecil (bukan bank besar) tetap dapat melakukan transaksi trading forex dengan menggunakan perantara broker. Broker inilah yang menjadi penghubung bagi trader kecil menuju ke bank besar agar bisa mengakses trading forex. Sebab, untuk bisa melakukan transaksi di bank-bank besar, ada Batasan minimal nominal yang sulit dipenuhi oleh trader kecil.

Peran perusahaan pialang di sini adalah untuk menjadi jembatan transaksi ritel dari para trader kecil, lalu diteruskan menuju broker yang lebih besar, dan kemudian ke bank-bank besar. Bank-bank besar inilah yang mengatur transaksi sesuai penggunaan mata uang utama di pasar forex, seperti USD, JPY, GBP, EUR, CAD, dan CHF. 

Cukup jelas apa itu broker? Semoga bisa dipahami ya.

Sabtu, 04 April 2020

Apa itu Broker? Pahami, ada banyak jenisnya

Sering mendengar apa itu broker? Dan masih tidak paham maksudnya? Wajar saja, karena istilah broker sering digunakan untuk berbagai aspek dengan fungsi dan pengertian yang berbeda beda pula.

Agar lebih jelas, kali ini kita akan membahas pengertian broker secara umum. Jadi, jika ditanya apa itu broker, kita bisa memahami fungsi dasar broker dan menyesuaikan dengan konteksnya.

Apa itu broker?

Pengertian broker secara umum adalah “perantara”. Broker bertindak sebagai perantara untuk meemenuhi kebutuhan atau pesanan dari klien, dan menjalankan fungsinya untuk menjembatani para penjual dan pembeli. Broker memperoleh keuntungan dari komisi yang diberikan atas transaksi yang terjadi.

Cukup jelas, bukan? Nah, dalam dunia investasi dan bisnis, broker ini ada banyak macamnya. Jadi, kita harus bisa mengetahui konteks broker yang tengah dibicarakan.

Yang paling populer memang adalah broker forex. Ini lantaran ada banyak promosi yang dilakukan oleh broker forex untuk memperkenalkan jasanya kepada masyarakat luas. Padalah, broker tidak hanya digunakan untuk menyebut perantara transaksi forex atau perusahaan pialang saja.

Istilah broker juga digunakan dalam dunia saham, asuransi, pasar modal, bahkan jual beli properti. Jadi, apa saja macam-macam broker? 

Baca juga: APA ITU FOREX?

Macam macam broker

Agar lebih mengenali apa itu broker, kita bisa melihat juga pada macam-macam broker yang ada di dunia bisnis dan investasi. Beberapa di antaranya adalah :

  • Broker forex
  • Broker saham
  • Broker asuransi 
  • Broker rumah
  • Broker dalam pasar modal 


Pada intinya, setiap orang yang menjadi perantara dalam dunia investasi dan bisnis ini, bisa disebut sebagai broker. Jadi, tak hanya perusahaan pialang atau yang berkecimpung di dunia trading forex saja ya.

Bahkan, para makelar rumah atau properti juga bisa disebut sebagai broker. 

Sabtu, 28 Maret 2020

Apa itu Program?

Apa itu Program?

Hay gays, aku punya cerita nih, sekaligus pertanyaan. Bingung tak? Ada info, tapi info itu juga jadi pertanyaan. Okay, begini cerita panjang dan lebarnya. Tadi ketika di jalan, aku melihat ada baliho besar sekali. 

Dalam baliho itu ada tulisan begini, “Program Studi Bahasa Indonesia, Program Studi Matematika, Program Studi Kimia, dan lain – lain”. Yang membuatku bertanya – tanya itu begini gays. Kan di sebelum nama mata pelajaran (bahasa Indonesia, Kimia, Matematika) ada kata program dan studi.

Kalau dipikir – pikir, menggunakan kata studi saja kan, sebenarnya sudah cukup. Karena kata  studi itu kan menunjukkan arti belajar. Terus, kenapa masih pakai program? Nah, itu yang membuatku bertanya – tanya tentang “Apa itu Program?”. 

Saking bingungnya dengan pertanyaan “Apa itu program?”, akhirnya aku memberanikan diri untuk mencari tahu tentang arti “Apa itu Program?”. Awalnya sih agak deg – deg an gitu, pada waktu mau baca buku, maklum takut di katakan kepo.

Tapi apa boleh buat. Kalau tidak berbuat, aku pasti terus bertanya. Ternyata, berdasarkan hasil penelusuranku, program adalah...

Serangkaian kegiatan yang memiliki tujuan, itu artinya program secara garis besar. Kalau secara garis kecil begini. Kan ada pernyataan serangkaian kegiatan. 

Baca juga: APA ITU UNDANG – UNDANG?

Itu artinya ada kegiatan – kegiatan tertentu yang telah disusun sedemikian rupa untuk menjadi suatu rangkaian. Nah, kalau arti itu dihubungkan dengan kata program yang ada di baliho itu.

Maka jadinya begini, kita ambil contoh satu nih, misalkan program studi bahasa indonesia. Dalam program studi bahasa itu pasti kan terdapat ketua program, beserta jajarannya. 

Kemudian ketua program pasti memiliki kegiatan tertentu yang bertujuan untuk memajukan programnya sehingga memiliki akreditas A (merujuk dari kata tujuan dalam definisi program).

Kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh program studi bahasa itu, contohnya menyusun kurikulum, menyusun silabus, kemudian menjabarkan silabus ke dalam satuan acara perkuliahan. 

Nah kegiatan menyusun kurikulum, silbaus, dan satuan acara perkuliahan ini kan jika disatukan tujuannya untuk membentuk suatu mata kuliah bagi mahasiswanya. 

Yang nanti, hasil akhirnya dapat  menghasilkan lulusan yang berkompeten dan program tersebut juga mendapat penghargaan, sehingga bisa menjadi terakreditas A.

Begitulaharti dari program, gays. Mereka punya kegiatan, mereka juga punya tujuan yang ingin dicapai. Sudah paham?

Apa kepanjangan ATM??

Apa kepanjangan ATM??

Ada yang sudah tahu nama mesin berbentuk kotak yang dapat mengeluarkan uang? Oke ada yang tahu dan sebagian belom tahu apa kepanjangan ATM? Tenang akan kami beri tahu di artikel ini secara singkat. se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Teman-teman pasti sering menggunakan mesin yang namanya ATM. Tidak mungkin tidak tahu, minimal pernah melihat. Mengapa saya begitu yakin, karena mesin ini memang di tempatkan di area yang strategis: Pusat perbelanjaan, stasiun, bandara, rumah makan, dan lainnya.

Tunggu dulu, tapi bagi kamu yang biasa tinggal di daerah pedalaman atau lebih suka berdiam diri di rumah, ada kemungkinan juga kamu belum pernah melihat mesin ATM ini sih.

ATM ini punya kepanjangan dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk bahasa Indonesianya: Anjungan Tunai Mandiri, dan kalau singkatan ATM bahasa Inggrisnya adalah Automated Teller Manchine. Keduanya bila disingkat akan tetap menjadi atm. Mesin ATM ini jelas sangat membantu nasabah dalam bertransaksi tanpa harus melalui teller (pihak bank yaitu manusia).
Nah, pada awalnya mesin atm ini hanya dipergunakan untuk mengambil uang tunai. Seiring berjalannya waktu dan pihak perbankan terus mengembangkan inovasi-inovasi, akhirnya mesin ini mampu membayar tagihan, membeli tiket: bioskop, kereta, pesawat, pulsa telepon, dan mentrasfer uang ke rekening lain.

Diduga penemu ATM adalah seorang bankir dan ahli IT, atau satu orang yang memiliki kedua skill tersebut. Penemu ATM sampai saat ini belum ditemukan. Menghilang? Tidak, yang jelas memang tidak ada yang mengetahui siapa penemunya.

Akan tetapi, atm mulai dikenal pada tahun 1950-an di Amerika dan Eropa. ATM tidak seperti sekarang kala itu. Hanya nasabah yang lolos seleksi yang dapat menikmati layanan atm. Entah seperti apa seleksinya.

Sekarang teknologi yang lebih canggih telah berintegrasi dengan sistem online. Sistem yang lebih modern adalah mobile banking atau internet banking. Bentuk uang digital juga kerap menjadi hal baru yang mempermudah nasabah melakukan sejumlah aktivitas tanpa harus repot mencari mesin ATM.

Namun, ATM tetap memiliki keunggulan dalam hal penarikan uang tunai yang terkadang mendesak kebutuhannya. Demikian artikel mengenai ATM, akhirnya sekarang tahu deh apa itu singkatan dan sedikit sejarah mengenai ATM. Biar gak cuma tahu cara ambil uangnya doang, harus tahu dong kepanjangannya.

Minggu, 15 Maret 2020

Apa itu Pandemi?


Awal tahun 2020, dunia mengalami kepanikan luar biasa karena hadirnya virus baru yang dinamai covid-19 atau yang populer disebut sebagai coronavirus. 

Bahkan, pada awal maret 2020, WHO sebagai organisasi kesehatan dunia menyatakan bahwa covid-19 sebagai pandemi. WHO menetapkan covid-19 pada status pandemi global. Nah, apa itu pandemi? Adakah yang belum paham maksud dari pandemi? 

Apa itu pandemi? 

Pandemi berasal dari bahasa Yunani παν pan semua + δήμος demos orang. Pandemi digunakan untuk menyebut kondisi ketika ada epidemik penyakit yang menyebar di wilayah geografis yang luas, melingkupi beberapa benua, atau bahkan mencapai seluruh dunia.

Panentuan suatu penyakit sebagai wabah pandemi atau tidak, lebih didasarkan pada jangkauan geografis atau penyebaran penyakit tersebut, yang luas dan cepat. Bukan semata mata berdasarkan tingkat keparahan dari penyakit tersebut ya. 

Baca juga: APA ITU ZAT BESI?

Menurut World Health Organization (WHO),L sendiri menyatakan bahwa suatu penyakit dikatakan pandemik  jika telah memenuhi tiga kondisi berikut :

- Munculnya penyakit baru pada penduduk
- Penyakit tersebut menginfeksi manusia, dan berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya
- Penyakit tersebut dapat menyebar dengan mudah dan berkelanjutan di antara manusia

Status Pandemi juga dinyatakan ketika ada penyakit baru yang orang-orang tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut, sedangkan penyakit itu menyebar luas di seluruh dunia di luar dugaan.

Biasanya, status pandemi akan diputuskan setelah muncul gelombang infeksi dari orang ke orang di seluruh komunitas dalam jangkauan geografis yang luas.

Ketika suatu penyakit telah Dinyatakan sebagai pandemi global, tentu dunia internasional harus waspada terhadap penyakit itu. Berbagai tindakan pencegahan penyebaran dan pengobatan harus dilakukan secara cekatan. 

Semoga, dunia selalu aman dari wabah pandemi dan jikapun ada, bisa segera teratasi dengan baik. 

Sabtu, 14 Maret 2020

Apa itu forex?


Bagi yang tengah belajar soal dunia ekonomi atau bisnis, mungkin Anda akan menjumpai kata "forex". Forex menjadi salah satu instrumen bisnis atau investasi yang cukup banyak diminati. Sebab, potensi keuntungan forex dianggap sangat menggiurkan. 

Lantas, apa itu forex? Sudahkah Anda paham tentang apa itu forex? Atau apa kepanjangan forex? Jadi, Forex adalah singkatan dari Foreign Exchange. Artinya secara bahasa adalah pertukaran mata uang asing. 

Istilah umum yang sering menggantikan kata forex alias sinonimnya adalah valas alias valuta asing. 

Gampangnya forex adalah perbandingan suatu nilai mata uang terhadap mata uang lain sehingga membentuk valuta atau kurs.

Contoh forex adalah perbandingan mata uang AS/ USD terhadap mata uang Indonesia / IDR. Dalam forex, perbandingan ini dituliskan USD/IDR. Yang istilahnya disebut kurs dolar terhadap rupiah. 

Baca juga: APA ITU STREAMING?

Jadi jika forex adalah pertukaran nilai mata uang, apakah ketika kita menukar uang asi g ke suatu tempat penukaran uang (money change), kita bisa disebut melakukan trading forex? 

Jawabannya tidak. Forex tidak sama dengan money changer ya. Trading forex terjadi di perdagangan bursa investasi yang dilakukan secara online. Jadi, tidak ada pertukaran fisik seperti pada money changer. 

Trading forex dilakukan secara online dengan tujuan mendapatkan keuntungan semata. Bukan karena membutuhkan uang fisik. 

Demikian penjelasan mengenai apa itu forex. Semoga cukup jelas untuk dipahami ya. 

Terima kasih. 

Minggu, 08 Maret 2020

Singkatan LDR?? Apaan Sih?

Singkatan LDR

Hayo, siapa nih yang lagi berkasih -kasihan dengan sang pujaan hati? Kamu tentu tahu donk apa itu LDR? Singkatan LDR juga tahu khan? Eits, bagaimana dengan yang belum tahu apa singkatan LDR? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Okay, sebelum masuk ke singkatan LDR, mari kita bahas tentang hubungan asmara dulu ya. Cie cie, siapa yang lagi jatuh hati? Tapi ini spesial kita bahas hubungan jarak jauh ya. Ada yang pernah mengalami? Hubungan jarak jauh terkadang membuat kita menjadi curiga terhadap pasangan, bahkan cemburu tiba-tiba.

Hati-hati nih, bagi kamu yang punya hubungan jarak jauh. Bagi sebagian orang yang dapat mempercayai pasangannya sih mungkin tidak berdampak serius terhadap urat kegalauan yang timbul di bagian hati. Tapi, bagi yang sering kejang-kejang karena telat di sms atau telpon akan berbahaya hhha.

Tidak aneh jika, penyanyi yang sedang naik daun, Raisa membuat lagu mengenai hubungan ini. Kurang lebih begini lah sepenggal liriknya " Seandainya jarak tiada berarti, akan ku arungi ruang dan waktu dalam sekejap saja," tentu tanpa ada kata LDR dalam lirik lagunya. Lagu ini sudah pasti menjadi soundtrack wajib bagi pasangan yang memiliki hubungan jarak jauh.

Baca juga: KEPANJANGAN SAR

Eh, ada yang aneh pada kata LDR? Apa sih itu? singkatan LDR? Penulis sepertinya lupa menyampaikan apa itu singkatan LDR ya? Jadi, Singkatan LDR itu diambil dari bahasa Inggris, yaitu Long Distance Relationship.

Artinya adalah hubungan jarak jauh. Entahlah, siapa yang mempopulerkannya hingga memiliki arti yang lebih minor jika dibayangkan. Hubungan jarak jauh terdengar lebih biasa dari pada ketika kta singkatan ldr yang digunakan? kenapa?

Penulis mencoba berpendapat, kata ldr sudah populer dan marak dibantu dengan lagu pendukung. Sehingga kesannya pasangan yang memiliki hubungan jarak jauh ini sangatlah menderita.

Padahal jika dipikir ulang, apa sih yang menjadi kendala? komunikasi? Oh jelas bukan masalah lagi di era digital dan cyber ini. Kedua sedjoli yang menjalin hubungan tidak dekat ini tetap mampu kok, untuk berkomunikasi layaknya mereka bertemu. Sudah ada Messenger, Video call.

Bahkan layanan video call dapat menayangkan muka dilayar ponsel masing-masing. Pesen deh, buat yang ldr-an, jangan takut oleh jarak yang membentang, toh maskapai penerbangan sekarang murah-murah dan banyak diskon hhe.

Sekian deh artikelnya, udah tau ya sekarang apa itu ldr? Intinya semakin sering berkomunikasi jarak jauh entah itu telpon atau chatting, semua itu hanya memupuk rasa rindu yang semakin lama semakin memperkuat keinginan untuk bertemu. Iya sih menderita. :(