Apa itu Endorse

Apa itu Endorse

Sobat, tadi ketika aku sedang membuka instagram milik seorang artis, tiba – tiba ada keterangan endorse: direct message di IG. Aku bingung sih, apa itu endorse. Knp kata itu yang pertama kali muncul dalam instagramnya. Pada hal kan biasanya di belakang nama artis itu, adalah profesi yang digelutinya, tapi ini...

Ya sudahlah, untuk menyelesaikan kebingunganku, akhirnya aku memilih untuk bertanya – tanya ke gudangnya pengetahuan. Yang tak lain dan tak bukan adalah google. 

Aku mencoba memasukkan kata kunci apa itu endorse. Ya aku emang berharap bisa mengetahui pengertian dari apa itu endorse, sobat. Karena aku tidak mau menghiasi tidurku di malam hari, dengan pertanyaan tentang apa itu endorse.

Okay, fix. Akhirnya ketemu pengertian endorse..
Endorse itu semacam kegiatan untuk memasarkan barang dengan menggunakan jasa seseorang. Barang ini biasanya  merupakan barang yang dijual di online shop, sobat. Misalkan parfum, baju, makanan, minuman, kue, dan lain – lain, sesuai yang di jual si online shop itu.

Simak juga: Apa itu olshop?

Nah, orang yang diminta untuk memasarkan barang ini, biasanya disuruh beli barangnya atau malah diberikan cuma – cuma. Namun, meski diberikan cuma – cuma, orang yang menerima barang tersebut (misalkan si artis) harus mau foto dengan menggunakan barang yang ditawarkan tersebut. Kemudian fotonya di upload di media sosialnya, dan diberikan beberapa komentar yang menarik, agar pembaca juga mau membeli sobat.

Sobat, pernah tidak ditawarkan untuk jadi endorse suatu produk yang dijual online shop? Jika pernah, ya anggap saja sobat sedang belajar untuk menjadi artis. 

Meskipun artis untuk barang – barang online shop, tapi siapa tahu suatu saat nanti. Kamu bukan hanya jadi artis untuk online shop, namun bisa jadi artis ibu kota sungguhan. Menarik bukan?

Gimana sobat? sudah paham dengan apa itu endorse. Semoga penjelasan tentang apa itu endorse bisa membantu sobat untuk memahami kata endorse yang sering terpampang di media sosial, baik instagram, whatsup, atau lainnya.

Kapan Hari Ibu? Ada yang Tahu?

Kapan Hari Ibu

Sebagai seorang anak, kita diberikan hari khusus untuk memperingati hari ibu. Bukan berarti kasih sayang kepada ibu hanya diberikan pada hari itu. Hari ini hanya menjadi sebuah symbol pengingat betapa berjasanya seorang Ibu dalam kehidupan kita. Jadi, hari Ibu adalah peringatan terhadap segala jasa ibu dalam ebuah keluarga. 

Perayaan hari ibu biasanya dirayakan dengan membebastugakan seorang ibi dari tugas sehari-hari. Ya, wajar lah, ibu kita capek kan, sepanjang tahun melakukan pekerjaan rumahtangga seperti, membereskan rumah, memasak, ditambah mencuci pakaian anak-ananknya yang masih kecil, jika kalian punya adik. Atau jangan-jangan kalian masih dicucikan baju oleh Ibu.

Mengapa harus ada hari ibu? Jelas harus! Ibu yang telah melahirkan kita sampai mengorabnkan nyawanya, membesarkan kita, mengurus kita semua. Ahh, pokoknya tidak ada bandingannya deh! Hampir seluruh negara mempunyai hari Ibu, terbukti bahwa setiap manusia memang harus berbalas budi kepada ibunya. 


Kapan hari ibu itu dirayakan, hari ibu di setiap negara berbeda-beda. Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember. Kapan hari ibu dunia? di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada,Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother's Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Berbeda ya?

Hari ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada 1953, diresmikan oleh Presiden Soekarno dibawah Dekrit Presiden. No. 316 . Tanggal 22 dipilih untuk meningkatkan semangat wanita Indonesia. 

Sebenarnya hari tersebut dulu diperingati sebagai hari kongres perempuan. Dimana biasanya para wanita bertukar hadiah dan mengadakan perlombaan kebaya. Perayaan pertama dilakukan tanggal 22-25 Desember 1928. Kongres ini diadakan di gedung Dalem Jayadipuran, Yogyakarta. Sampai akhirnya menjadi Hari Ibu Nasional.

Bagaimana teman-teman? Sudah tahu kan kapan hari ibu? Sebaiknya setiap tanggal 22 teman-teman melakukan perayaan kecil-kecilan sekedar member penghargaan bagi ibu. Jika bisa tidak kecil-kecil-an malah lebih baik.

Apa itu Internet positif dan negatif?

Apa itu Internet

Hai kawan, hujan – hujan gini enaknya sih main internet. Dengan kecepakatan sinyal seperti kuda yang sedang lari. Dijamin deh, menjadikanmu keluar rumah, bukanlah suatu pilihan. Bagaimana tidak? Bermain internet merupakan suatu pilihan yang pasti, dibandingkan bermain dengan hati, karena bisa menyakiti. Asekk..

Baiklah, tidak perlu panjang lebar. Ini ada info tentang “Apa itu internet?” Kan tidak mungkin, kita bermain internet, tanpa tahu “Apa itu internet?”. Coba deh dibayangkan, kamu memainkan sesuatu, tapi kamu tidak tahu tentang hal yang sedang kamu mainkan. Contohnya internet ini, maksud aku, bukan yang lain hlo.

Okay mulai..
Internet ialah suatu layanan dalam program di komputer yang digunakan orang untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Tuh, kan, program komputer aja menyediakan layanan yang berguna untukmu hlo. Tunggu dulu, layanan ini tentang berbagai informasi, kawan.

Seperti yang kita tahu, ada banyak informasi yang ditampilkan di internet. Informasi itu bisa positif, tapi bisa juga negatif. Informasi yang positif itu merupakan informasi yang berguna untuk perkembangan dirimu, akademikmu, karirmu. 

Baca juga: PENEMU 4G.. ORANG INDONESIA LHO!!

Contoh nih, mencari info tentang cara meningkatkan kepercayaan diri, terus info tentang mata pelajaran bahasa Indonesia, seperti portal ilmu itu. Lalu info tentang lowong pekerjaan. Itu yang dinamakan info yang positif.

Sedangkan info yang negatif itu contohnya yang berbau video porno atau bacaan lain yang tidak sesuai dengan usiamu. Biasanya info negatif ini, dapat merugikan dirimu sendiri. Makanya nih, sekarang pemerintah sedang ramai – ramainya membicarakan tentang pemblokiran situs dalam internet. 

Ceritanya sih mau bikin internet sehat. Barangkali (bukan berkaitan dengan barang – barang yang ada dikali, seperti batu dan pasir), itu dapat mencegah dan mengurangi perbuatan yang dapat merugikan masyarakat.

Jadi internet positif itu yang bisa memberikan dampak baik untuk dirimu hingga karirmu. Sedangkan internet negatif itu yang bisa merusak masa depanmu, karena menyajikan hal yang bertentangan dengan norma.

Sudah paham kawan? Bila sudah paham, marilah kita galakkan internet sehat!

Apa itu Hak?

Apa itu Hak?

Hay, semuanya, apa kabar? Aku punya pertanyaan nih. Pertanyaan ini terinspirasi dari kisah Bu Maimunah. Tadi siang Bu Maimunah menangis. Entah apa penyebabkan, beliau menangis tersedu – sedu. Kemudian, aku beranikan diri untuk mendekatinya. Bukan sok pahlawan sih, aku hanya merasa ibu.

Ibu itu bercerita kalau beliau menangis, karena tidak bisa memperjuangkan hak anaknya untuk sekolah. Ibu itu sudah mengatakan keterbatasan ekonomi yang dialami ke gurunya. Namun, sayang, perjuangan ibu itu agar anaknya tetap mendapat hak untuk sekolah, hanyalah tinggal  angan – angan.

Dari kisah itu aku berpikir satu hal “Apa itu hak?”. Mengapa Bu Maimunah menamakan itu hak. Aku terus kepikiran kata – kata itu. Sampai akhirnya, ada buku yang jatuh dari atas lemari. Disitu ada tulisan “Apa itu hak?” (mungkin itu petunjuk dari Tuhan, agar aku bisa memberi tahu diriku dan kalian semua, tentang “Apa itu hak”).


Hak adalah sesuatu yang harus didapatkan oleh seseorang, sejak sebelum lahir. Wow! Kalau mendengar pengertian itu rasanya jadi merinding bulu kudukku. HARUS. Itu yang aku garis bawahi.

Kamu tahu sendirikan, kalau sudah ada kata “harus” itu, sudah berarti tidak dapat ditawarkan. Bukan hanya tidak bisa ditawarkan, tapi juga tidak bisa ditolak. Ck..ck..ck...lalu aku baru menyadari, mengapa kita diminta untuk memperjuangkan hak kita.

Yaeyalah, gimana tidak diperjuangkan, hak itu harus kita peroleh, bahkan sebelum kita lahir, harus diperoleh. Contohnya pendidikan. Itu lah mengapa bu Maimunah memperjuangkan hak anaknya untuk sekolah. 

Karena pendidikan merupakan keharusan yang diperoleh anak. Tanpa pendidikan, kan kita tidak bisa membaca. Tanpa pendidikan, kita tidak akan menjadi orang hebat yang diperhitungkan oleh khalayak. Jadi wajar kan, jika pendidikan merupakan hak.

Itulah sebabnya, kita tidak diperbolehkan merebut hak milik orang lain. karena bagaimanapun juga, mereka juga manusia yang berhak, setidaknya untuk memperoleh hidup yang layak. Ya semoga saja pengertian tentang “Apa itu hak?” mampu membuka pikiran kita untuk memberikan hak – hak pada orang lain yang berhak.

Apa itu LinkedIn

Apa itu LinkedIn

Gimana punya kabar, sobat? Semoga baik – baik saja ya. Aku punya info menarik nih. Di jamin kamu pasti suka. Karena info ini berhubungan dengan media sosial.

Nah, kalian kan saat ini sedang hobi – hobi banget untuk menggunakan media sosial. Ada banyak media sosial yang bisa kita akses. Dan tentu saja, setiap media sosial pasti punya tujuan yang berbeda – beda. Salah satunya nih, LinkedIn. Media sosial satu ini, emang masih jarang dibicarakan di kalangan anak muda. Ya mungkin karena belum tahu saja penggunaannya atau mungkin tahu kegunaannya tapi tidak mau tahu atau tidak membutuhkan.

Tapi tidak masalah. Justru, aku mau ikut memperkenalkan ke kalian tentang apa itu LinkedIn. Ya siapa tahu, ada yang berminat untuk mengaksesnya, kemudian bisa menggunakan media sosial satu ini.

Baca juga: APA ITU PAPER?

LinkedIn itu
Semacam media sosial yang digunakan oleh para profesional untuk kegiatan bisnis. Ingat ya, para profesional. Jadi wajarlah, tidak banyak yang membicarakan, kecuali para profesional – profesional.

Coba saja kamu akses LinkedIn. Kamu bakalan menemukan banyak orang profesional yang menggunakan media satu itu. Tentu saja, mereka profesional dalam bidang yang digeluti, misalkan IT, dosen, atau profesi lain. Maka tidak mengherankan dalam LinkedIn itu banyak tokoh – tokoh yang berpengaruh dalam bidang tertentu.

Mengapa demikian? Sebab dalam LinkedIn, kamu dituntut untuk menjabarkan tentang keahlian yang kamu miliki. Bukan hanya keahlian dalam bahasa, namun juga profesimu. Prestasi apa yang pernah kamu raih, juga harus dijelaskan, agar semua orang tertarik padamu. Ya siapa tahu, dari situ kamu dapat direkrut menjadi seorang pekerja di perusahaan tertentu atau di tempat – tempat lain yang kamu inginkan.

LinkedIn ini bukan hanya untuk menghubungkan kita dengan orang dalam negeri saja. Melainkan juga di luar negeri. Menarik bukan?

Hmm..bagimana, sobat, tertarik menggunakan LinkedIn? Siapa tahu, melalui media sosial satu ini, kamu bisa menemukan pekerjaan yang kamu idam – idamkan dari kecil.

Apa Itu Daring dan Luring?

 Istilah daring dan luring baru-baru ini semakin ramai didengar. Masa pandemi memaksa banyak orang untuk membatasi kegiatannya di luar rumah. Inilah yang kemudian mendorong semakin ramainya berbagai kegiatan yang diselenggarakan secara daring. 

Lantas, apa itu daring?

KBBI Kemendikbud menjelaskan bahwa daring adalah akronim atau singkatan dari “dalam jaringan”. Ini berarti hal-hal yang salng terhubung melalui jaringan, seperti jejaring komputer, internet, dan sebagainya.

Daring digunakan untuk menyebut kegiatan-kegiatan yang dilakukan melalui jaringan atau online ini. Kegiatan-kegiatan daring bisa berupa webinar, rapat online, kelas online, KKN online, sampai kuliah online. 

Seluruh kegiatan yang dilakukan menggunakan jaringan internet dan/ atau perangkat komputer disebut sebagai kegiatan daring. Yang tak kalah populer saat ini adalah kegiatan pembelajaran daring. Bisa dipahami bahwa pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, dan sejenisnya.

Baca juga: ARTI KUTU BUKU APA YA? CEK DI SINI

Sebaliknya, Apa itu Luring?

Lawan daring adalah luring. Apa itu luring? Luring adalah akronim atau singkatan dari “luar jaringan”. Luring berarti terputus dari jejaring komputer, atau tidak menggunakan jangkauan online. 

Jenis kegiatan yang dilakukan secara luring contohnya menonton acara TVRI sebagai pembelajaran siswa sekolah, mengumpulkan karya berupa dokumen, pembelajaran tatap muka, serta praktikum langsung. Kegiatan Luring tidak menggunakan jaringan internet dan komputer, akan tetapi dengan memanfaatkan media lainnya yang tidak menggunakan internet, seperti TV dan dokumen.

Jadi, sudah jelas apa itu daring dan luring?

Serta apa bedanya daring dan luring?

Apa itu Tes Psikotes? Kenali Pengertian dan dan Tipsnya Di Sini

 Ketika melamar suatu pekerjaan, seseorang kadang diminta untuk melakukan tes psikotes. Sudah tahukah Anda apa itu tes psikotes? 

Tes psikotes ini pada dasarnya merupakan tes psikologi. Tes psikotes sering digunakan dalam tahap rekrutmen karyawan di berbagai perusahaan. Tak hanya di perusahaan, seleksi calon mahasiswa untuk masuk perguruan tinggi pun juga sering menggunankan syarat psikotes. 

Pengertian psikotes adalah evaluasi atau tes tertulis, visual atau verbal yang dilakukan oleh ahli psikologi atau psikolog guna menilai fungsi kognitif dan emosional seseorang.

Dari pengertian tersebut, jelas bahwa tes psikotes harus dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian khusus atau terlatih secara klinis. Jadi, tidak sembarang orang dapat melakukan tes psikologi ini ya.

Rangkaian tes psikologi ini harus dilakukan, dinilai, dan ditafsirkan oleh ahli atau profesional terlatih, psikolog atau psikiater, yang keahliannya memang di bidang tersebut.

Kenapa psikotes sering digunakan sebagai tahap seleksi? Ini karena soal psikotes dianggap penting untuk bisa mengetehui gambaran dari berbagai kemampuan dan atribut mental. Psikotes digunakan untuk mengetahui potensi, termasuk pencapaian dan kemampuan, kepribadian, serta fungsi neurologis dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Melalui psikotes, kita dapat melakukan observasi tingkah laku individu dan haislnya bisa digambarkan dalam skala angka atau sistem kategori. Tes ini dilakukan dengan memberikan soal-soal psikotes serta pengamatan tertentu. 

Fungsi psikotes bisa ditekankan pada usaha untuk mengetahui sifat, kepribadian serta karakter seseorang sehingga dapat memetakan potensi dan kemampuanya, dengan tujuan untuk mengetahui ketepatan seseorang dapat mengisi posisi tertentu di pekerjaan.

Baca juga: APA ITU CEO? APA TUGASNYA?

Tes psikotes pada dasarnya berbeda dengan tes akademis ya. Psikotes memberikan informasi secara lebih luas. Tidak hanya kemampuan pekerja saja yang bisa dilihat dari psikotes, melainkan juga potensi seseorang di masa depan. Jadi, melalui psikotes, seorang ahli akan mampu memperoleh gambaran tentang potensi seseorang untuk berkembang di kemudian hari. 

Jadi, pertanyaan pentingnya, apakah kita bisa percaya 100% terhadap hasil tes psikotes? Kita bisa mempercayai hasil psikotes, tapi memang tidak bisa 100%. Ada kalanya, terdapat faktor X yang bisa berpengaruh terhadap perjalanan karir seseorang. Meski demikian, psikotes sering diandalkan sebagai patokan dasar dalam menilai seseorang.

Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda bersiap ketika hendak menghadapi psikotes. Tips Mengikuti Psikotes yang bisa Anda coba adalah dengan mengerjakan psikotes secara jujur dan tetap berkonsentrasi maksimal. 

Siapkan mental dan energi saat akan menjalani psikotes. Istirahatlah yang cukup karena tes ini terhitung menguras energi. Secara tidak langsung, soal psikotes bisa menguras energi, pikiran dan batin Anda.

Soal psikotes bukan soal sulit, tapi lebih menyangkut kehidupan sehari-hari, dan dikemas secara berulang, rumit dan dengan waktu terbatas. Ini yang membuat psikotes lebih menguras pikiran dan emosi.

Jadi, sudah jelas tentang apa itu psikotes?

Arti Kutu Buku Apa Ya? Cek Di Sini

Pernah mendengar istilah kutu buku, dan kamu bingung arti kutu buku apa sih? Istilah kutu buku memang sering digunakan dalam perbincangan. Tapi, beberapa orang tidak memahami artinya dan berpikir kutu buku artinya apa ya.

Kutu buku merupakan sebuah istilah atau ungkapan. Arti kutu buku adalah orang yang sangat senang membaca buku. Ia hobi sekali membaca buku. Setiap hari, bahkan setiap saat. Dia senang menghabiskan waktunya untuk membaca buku. Ia menyerap aneka informasi yang ada di buku tersebut.

Nah, jadi, sederhananya kutu buku adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang hobinya membaca buku. Jelas kan?

Biasanya, orang yang disebut dengan kutu buku adalah orang yang pintar. Ia diidentikkan dengan sosok yang pintar karena memang ada berbagai informasi yang sudah terekam di dalam otaknya. Ia mudah memahami bacaan yang ada dalam buku. Ia bahkan bisa menghafalkan dengan mudah apa yang sudah ia baca. 

Baca juga: APA SIH LEBAY ITU?

Salah satu ciri orang yang biasa disebut dengan kutu buku adalah kacamatanya yang tebal. Kenapa demikian? Karena saking seringnya baca buku, ia akan mudah mengalami gangguan penglihatan, sehingga membutuhkan kacamata. Walaupun, ini tidak berlaku mutlak ya. 

Hanya saja, biasanya seorang kutu buku memiliki ciri khas berkacamata tebal. Selain itu, karena senang bergaul dengan buku, ia mungkin jadi orang yang pendiam dan jarang bergaul, terutama ia jauh dengan pergaulan yang terkesan hura-hura dan buang-buang waktu. Ini karena baginya, menghabiskan waktu dengan membaca buku adalah hal yang lebih menyenangkan dan bermanfaat.
Jadi, sudah jelas ya, kutu buku artinya apa?