Selasa, 11 Februari 2020

Apa Bedanya Jantan dan Betina?

Apa Bedanya Jantan dan Betina?

Ini pertanyaan emang sepele banget deh. Buat yang suka beternak atau memelihara hewan, baik itu ternak burung kenari, love bird, sapi, kambing, kucing, ayam, dan aneka hewan lain, pasti sudah akrab dengan kata jantan betina, dan sudah paham betul apa itu jantan dan betina.

Nah, kalau yang tidak biasa dengan aneka ternak, dan ternyata belum tahu apa bedanya jantan dan betina? Gimana donk? Jangan khawatir, karena se.amatir.men akan menjawabnya. Gak tahu hal-hal yang sepele? Klik aja sepele2.blogspot.com. Begitu khan ya? Yuuukkk…

So, jantan dan betina adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut kelamin pada hewan. Bisa hewan ternak, hewan peliharaan dan hewan liar sekalipun. Terkadang, istilah ini juga digunakan untuk menyebut sifat kelamin pada tumbuhan juga.
Nah, bedanya, kalau jantan itu adalah pihak yang bertindak seperti laki-laki atau pria. Sedangkan betina adalah pihak yang bertindak seperti wanita atau perempuan. Jadi, kalau menyebut hewan lelaki, bilangnya hewan jantan. Jadi, bukan kucing lelaki, tapi kucing jantan loh ya. Begitu pun dengan kucing wanita, biasanya disebut kucing betina.

Istilah jantan sendiri terkadang juga digunakan untuk menyebut “pria” atau “lelaki” (manusia) yang dianggap “berani, punya nyali, kuat, atau laki-laki banget gitulah.” Jadi, disebutnya ‘lelaki jantan’ atau ‘pria jantan’. Eits, tapi kalau yang seorang wanita (manusia) yang wanita banget, tidak ada sebutan sebagai wanita betina loh ya.

So, udah tahu apa bedanya jantan dan betina? Masih bingung? Silahkan komen? Sudah tak bingung? Komen juga deh. Yang punya jawaban ekstra, wajib komen. Ya donk, berbagi pengetahuan gitu. Okay?