Selasa, 03 Maret 2020

Apa Itu Anonymous?


Pada tahun 2003 Anonymous terkenal dalam salah satu forum di internet. Eh tunggu, memangnya, apa itu anonymous yang dimaksudkan? Belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

So, anonymous digunakan untuk menyebut mereka yang merupakan sekumpulan orang yang kerap menyerang website resmi (pemerintahan) sebagai aksi protes. Mereka anti terhadap korupsi. 

Semua orang dapat menjadi anonymous, karena mereka bukan organisasi secara legal. Mereka melakukan aktivitas hacking yang serius dimulai tahun 2008, sampai akhirnya majalah Time mencantumkan mereka sebagai kelompok paling berpengaruh pada tahun 2012.

Kelompok yang menamakan diri anonymous ini memiliki ciri dengan menggunakan topeng wajah berwarna putih yang kerap disebut "Guy Fawkes" ( seorang yang berniat melakukan bom di London, Inggris pada tahun 1605). Kelompok yang tidak benar-benar berkelompok ini, memiliki tujuan melindungi hak kebebasan.

Simak juga: Apa itu Blogging?

Mereka memiliki slogan yang terkenal ,"We are Anonymous. We are Legion. We do not forgive. We do not forget. Expect us."  Mereka juga berikrar untuk tidak pernah berhenti selamanya melakukan hacking kepada hal-hal yang tidak mereka setujui atas dasar mewakili suara masyarakat dunia.

Tujuan melakukan hacktivist awalnya dimulai dengan maksud bersenang-senang, namun seluruh individu yang tergabung dan tanpa mengatas namakan anonymous tersebut melakukan kegiatan ini secara serentak. Banyak website yang dibobol , sebgaia tanda protes dari mereka.

Situs yang berhasil di hacker antara lain: FBI, Departemen Kehakiman Amerika Serikat, Situs pornografi dibawah umur, dan kelompok Agama scientology sampai website Israel mengenai penyerangan ke Palestina.

Beberapa anggotanya pun ada yang berhasil diringkus oleh pihak kepolisian karena berhasil membobol situs Visa dan Paypal, sehingga dikenai hukuman penjara.

Apa itu Anonymous? Namanya terinspirasi dari kata anonym atau anonimitas atau tanpa identitas. Jadi, tidak ada yang mengetahui siapa mereka di dunia nyata, kecuali pihak berwenang yang sengaja mencari tahu mereka dengan cara tertentu, dan tidak mudah.

Bagaimana pendapat kalian? Aksi mereka mungkin menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat dalam meretas situs-situs yang dianggapnya tidak sesuai. 

Tapi selama itu bukan tindakan negatif yang berkepentingan pribadi, mungkin akan mudah kita terima sebagai bentuk propaganda positif bagi perubahan dunia ya ..