Selasa, 25 Februari 2020

Apa itu Baper?

apa itu baper

Duh, nih orang baper banget deh” Pernah mendengar kalimat semacam itu? Yah, intinya kalimat dengan kata baper. Hmm, apa itu baper? Sudah tahu? Kata -kata ini memang baru saja populer.

Di kalangan anak muda yang gaul, ini adalah kata sepele yang pastilah mereka paham apa artinya. Tapi di kalangan mereka yang kurang gaul, kata baper sepertinya membuat mereka bertanya -tanya. Apa itu baper sih ya? Belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele2.blogspot.com.

Baper adalah akronim dari Bawa Perasaan. Semacam perasaan yang datang secara tidak sengaja dan bila dilanjutkan bisa menimbulkan komplikasi berkelanjutan. Kata baper sendiri menjadi populer dikalangan remaja Indonesia. 

Kata baper juga semakin menyempit maknanya kepada perasaan asmara  dan percintaan. Para remaja yang sering menggunakan kata ini seakan difasilitasi saat melihat temannya melamun, menangis, senyum-senyum, maka langsung terlontarlah kata baper tersebut.

Entah bagaimana awalnya kata baper ini dapat tercipta sampai menjadi populer. Penulis mencoba menyimpulkan, mungkin sang pembuat kata saat itu sedang membuka suatu video streaming dan koneksi internetnya mengalami masalah, lalu tertulis dilayar monitornya kata: buffer (penyangga).

Karena sang pembuat kata merasa harus menunggu proses transfer data yang cukup lama dan menjenuhkan, akhirnya ia mengalami yang namanya respon kreativitas. Terciptalah kata baper sebagai akronim dari bawa perasaan. hhahha.. apa itu baper dan kapan penggunaannya?

Simak juga: Apa Arti Alay?

Penggunaan Kata Gaul Baper

1. Saat orang yang kita anggap spesial menghubungi kita

Ketika kita dihubungi oleh orang yang kita anggap spesial, ditelpon, dikirimi pesan singkat, atau bahkan di mention di jejaring sosial, janganlah merasa berharap terlebih dahulu. 

Kita harus dapat menarik kesimpulan sebelum berharap terlalu berlebihan atau euforia berlebih. Karena jika kita merasa ke-pede-an, untuk masa sekarang kita sedang ada dalam zona baper.

2. Teringat sesuatu tentang masa lalu

Momen ini tentu sering kita alami. Saat kita berjalan-jalan ditaman dan melihat sepasang kekasih sedang bermesraan, atau melihat pemandangan yang mengingatkan kita pada kenangan masa lalu bersama mantan, melihat foto masa lalu, disini lah kita ada dalam zona baper.

3. Menangis karena cinta

Kita menangis karena sakit hati? Cemburu? atau marah saat disindir mengenai masalah cinta kamu dengannya, dulu fase ini hanya diberi nama sakit hati. Namun, sekarang fase-fase ini dapat kita sebut dengan zona baper.