Minggu, 01 Maret 2020

Apa Itu Grammar?


Grammar adalah sosok menakutkan bagi orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Kok bisa begitu? Apa sih grammar? Kita akan membahas grammar dengan singkat, semoga kalian mengerti dan tidak merasa takut lagi dengan grammar.

Bagi yang belum tahu apa itu grammar, santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja se.amatir.men.

Dalam bahasa Indonesia grammar berarti tata bahasa. Memang akan terasa sulit dalam menjalankan aturan tata bahasa ini. Tapi, keuntungan menguasai grammar adalah kalian akan memiliki bahasa Inggris yang baik dan lazim menurut kebudayaan yang menggunakan bahasa Internasional tersebut.

Ketika mempelajari grammar kalian harus cermat mengingat struktur tata bahasa sesuai ketentuan yang sudah menjadi pakem. Kalian dapat  belajar melalui buku dan kamus disamping mengikuti les bahasa inggris di instansi-instansi bahasa.

Ada 8 bagian grammar dan 16 tense dalam bahasa inggris, yaitu: Pronoun (kata ganti), Noun (kata benda), Verb (kata kerja), Adjectiva (kata benda), Adverd (kata keterangan), Determiner (kata di depan kata benda), Preposition (kata depan), Conjuction (kata hubung).

Lalu, ada 16 tense yang meliputi:  Simple Present Tense, Present Continuous Tense, Present Perfect Tense, Present Perfect Continuous Tense, Simple Past Tense, Past Continuous Tense, Past Perfect Tense, Past Perfect Continuous Tense, Simple Future Tense, Future Continuous Tense, Future Perfect Tense, Future Perfect Continuous Tense, Past Future Tense, Past Future Continuous Tense, Past Future Perfect Tense, Past Future Perfect Continuous Tense.

Memang dalam percakapan sehari-hari terkadang grammar tidak begitu diperhatikan. Namun, dalam reading (membaca), Writing (menulis), dan listening (mendengarkan) grammar sangatlah diperlukan.
Jika kita akan melakukan tes Toefl, elemen di atas pastilah menjadi bagian dari tes. Maka dengan mempelajari grammar tentu kita akan memiliki daya terjemah yang baik dan terstruktur. Maka, karena itulah semangat dalam mempelajari grammar sangatlah diperlukan.

Grammar akan terasa mudah apabila kita mempelajarinya dengan sungguh-sungguh dan penuh motivasi. Untuk belajar grammar diperlukan ketekunan dan intensitas lebih dalam menggunakan bahasa yang sedang dipelajari.

Kamus dan buku panduan saja tidaklah cukup untuk mempelajari tata bahasa. Inti dari pelajaran bahasa adalah belajar untuk tidak takut salah, bahasa bukan lah sains yang selalu penuh kepastian, perlu pengalaman untuk mempelajarinya. So, jangan pernah menyerah belajar grammar yaa..