Apa itu Meme?

apa itu meme

Pasti kalian tahu kan apa itu meme? Yah.. gambar yang lucu-lucu dan sering kita temukan di sosial media kita. Tapi, intensitas kita bertemu dengan meme mungkin tidak membuat kita lebih mengenal apa itu meme? artikel ini akan membahas sedikit pengetahuan mengenai meme.

Meme ini pertama kali dikenalkan tahun 1976 oleh Dawkins melalui bukunya The selfish Gene. Istilah kata Meme sendiri berasal dari bahasa Yunani : mimeme. Mimeme artinya sesuatu yang menyerupai atau menirukan.

Meme ini dibuat dengan tidak selalu mengkopi secara sempurna, mencampur atau bahkan merubah sebuah ide loh. Hal ini nih yang menjadikan suatu meme baru. Menurut wikipedia nih, mimeme neologi ini dikenal juga sebagai karakter dari budaya.

Termasuk di dalamnya terdapat gagasan, perasaan, ataupun perilaku (tindakan). Dawkins juga memberi contoh mimema sendiri nih. Contohnya yaitu nada, kaitan dari susunan kata, kepercayaan, gaya berpakaian dan perkembangan teknologi.

Mungkin teori ini sangat rumit ya, hanya untuk sekedar tahu apa itu meme. Jadi, mari kita lihat apa itu meme menurut penulis. Menurut penulis, meme yang lebih sederhana dan sering kita temui adalah suatu gambar yang menyiratkan makna keseharian, baik tertulis ataupun tidak.

Mungkin kita semua sudah sering melihat meme yang dibagikan secara masal lewat jejaring sosial. Nah, itu yang disebut dengan meme internet.

Jadi meme itu gambar atau animasi yang menunjukkan ekspresi pembuatnya. Kita dapat menemukan meme di internet melalui website: 1cak.com, 9gag.com, ragecollection.com, Meme Comic Indonesia dan masih banyak lagi, atau kita dapat membuatnya sendiri.

Ada juga meme modern yang biasa kita jumpai nih. Yakni aneka meme yang isinya mengarah pada bentuk sindiran, propaganda, atau penghinaan dan lawakan yang memiliki efek di dunia nyata melalui internet.

Baca juga: APA ITU STREAMING?

Mau tahu beberapa contoh meme yang sempat marak perederannya di internet? Ini nih referensinya buat kamu :

1. Trollface
Trollface, meme ini sepertinya menjadi favorit para pembuat ragecomic akhir-akhir ini. Trollface meme di gambarkan sedang tertawa dan bermuka licik, dan memang meme ini di buat dalam ragecomic untuk menjahili para pembaca ragecomic tsb. Tapi ngga selalu menjahili, kadang trollface dibuat untuk menciptakan lelucon yang membuat kita tertawa.

2. Bitch Please / Yao Ming
Bitch please ialah muka dari Yao Ming yang mengartikan dalam bahasa indonesia ialah “Please Deh”

3. Pak Jaya (Meme asli Indonesia)
Meme asli dari Indonesia. Biasanya trollface akan menjahili para pembaca dan pak Jaya akan membalas lelucon dari trollface sehingga trollface marah. Jadi beruntung ada meme Pak Jaya.