Sabtu, 29 Februari 2020

Apa itu Paper?


Kali ini kita akan bahas apa itu paper? Eh.. ini bukan paper dalam bahasa Inggris yang memiliki arti kertas dalam bahasa Indonesia. Paper di sini adalah sebuah karya tulis, sebuah tulisan ilmiah dan erat dalam dunia pendidikan.

Masih belum jelas mengenai apa itu paper? Jangan khawatir santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Okay, mari kita lanjut ke pembahasan apa itu paper. Jadi, ketika kita diperintahkan oleh dosen membuat paper, bukan berarti kita membuat kertas sendiri.

Paper ada beberapa jenis. Umumnya seorang mahasiswa tingkat akhir yang akan maju melakukan ujian akhir, nah, mahasiswa tersebut akan membuat paper (skripsi, thesis, desertasi). Bagi para peneliti misalnya, ketika mereka akan menuangkan pemikirinnya dan mempublikasikan mereka akan membuat paper.

Baca juga: APA ITU ANONYMOUS?

Paper merupakan makalah. Keduanya dibedakan oleh unsur dan tujuan didalamnya. Biasanya paper memiliki tujuan yang lebih banyak daripada makalah. Berikut unsur paper yang akan kami bahas.

Unsur Paper adalah:
1.      Halaman sampul. Dalam unsur ini kita harus menuliskan judul, tujuan, nama penulis, dan tahun pembuatan paper. Jadi, dalam unsur ini kita mencantumkan identitas paper secara lengkap.

2.      Kata Pengantar. Dalam unsur ini kita sebagai penulis menuangkat kata yang dapat mengantarkan pembaca untuk membaca karya tulis ini. jangan lupa juga penulis menuliskan lagi tujuan pembuatan paper ini secara deskripsi. Sampaikan juga, bahwa penulis menerima saran dan kritik mengenai paper ini.

3.      Daftar Isi. Tahu dong apa itu daptar isi? Yah, bagian -bagian apa saja yang akan dibahas lengkap dengan nomor halamannya agar mudah untuk pembaca.

4.      Selanjutnya masuk ke dalam pembahasan Bab I Pendahuluan, Bab II Pembahasan, dan Bab III Kesimpulan.

5.      Yang terakhir adalah Daftar Pustaka, Sumber informasi yang mendukung penulis dalam membuat paper, haruslah ditulis/dicantumkan di lembar ini. Jika  penulis mendapatkannya secara books trail (membaca buku), maka tulislah judul buku, nama penulis/pengarang, dan tahun terbit buku tersebut. Ketentuan ini berlaku juga untuk internet trail (melalui internet) dan people trail (Narasumber).

Bagaimana? Sekarang sudah mengerti kan apa itu paper? Semoga artikel ini berguna bagi pembaca yang sedang mencari informasi mengenai paper.