Rabu, 26 Februari 2020

Apa itu Pomade?

apa itu pomade

Bagi kamu yang gemar bergaya dan mengotak -atik rambut, nama Pomade pasti sudah sangat akrab di telinga kamu bukan? Kamu pun juga tentu tahu apa pti Pomade. Tapi, bagaimana dengan kamu -kamu yang polos dan jarang bergaya dengan rambut.

Agar lebih gaul, kamu juga perlu tahu tuh apa itu Pomade. Tak apa kamu masih belum tahu. Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Mari kita cari tahu apa itu pomade. Pomade adalah minyak rambut yang dibuat dari zat berminyak atau wax (lilin). Penggunaannya untuk menata rambut (pria) agar lebih mengkilap dan licin.

Pomade sendiri sudah terbukti ketahananannya menjaga gaya rambut, karena untuk menghilangkannya pun kamu harus mencuci rambut (keramas). Pomade berasal dari abad kedelapan belas. Pada mulanya terbuat dari lemak binatang. Kata dari bahasa Inggris "pomade" berasal dari bahasa Perancis yang berarti pommade atau salep.

Pomade didukung oleh gaya rambut klimis milik Elvis Presley. Tahu khan siapa Elvis Presley? Si penyanyi terkenal itu. Model rambutnya  memiliki ketebalan di atas kepala dan tipis di sisi kiri dan kanan. Lalu rambut bagian atas tersebut disisir kebelakang dengan bantuan pomade.

Gaya rambut klimis ini populer dengan nama pompadour. Namun, karena Elvis Presley memakai gaya rambut ini pada tahun 1950-an saat muncul pada scene rockabilly (musik milik Elvis), jadilah gaya ini populer dengan nama rockabilly.

Sampai pada tahun 80-an, budaya rockabilly sedikit demi sedikit diadaptasi oleh para punk rocker. Saat ini banyak munculnya barber shop yang membawa kultur rockabilly dari Kalifornia yang akhirnya menjamur sampai Asia.

Dalam perkembangannya pomade tidak selalu dibuat dari campuran minyak. Pada zaman modern pomade pun tidak lagi dibuat dari lemak binatang. Melainkan dari, Lanolin, beeswax dan petroleum jelly sebagai bahan dasarnya. Berikut jenis pomade sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambut.

Baca juga: Apa itu Joger?

Petroleum based pomades

Pomade jenis ini dibuat dengan bahan utamanya adalah minyak. Kelebihan pomade ini lebih tahan lama dan tahan terhadap keringat, bahkan hujan sekalipun. Kekurangannya adalah harus dibersihkan beberapa kali saat keramas karena rambut terasa lengket dan berminyak.

Pomade ini sesuai buat kamu yang emang banyak beraktivitas di luar ruangan dan menghadapi berbagai kondisi cuaca.

Water based pomades

Dari segi ketahanan water based pomades sedikit di bawah petroleum based. Namun dari segi fungsi pomade jenis ini lebih mirip dengan wax. Water based pomades membuat rambut terasa lebih lembut dan jatuh secara natural dibanding dengan pomade yang berbahan petroleum.

Dengan bahan dasar air dan campuran kimia, pomade ini cocok digunakan untuk potongan rambut sleeky yang lebih panjang atau sedikit bergelombang. Selain itu, tidak sulit membersihkan pomade jenis ini.

Mixed based pomade

Pomade ini dibuat dari campuran minyak dan air. Segi ketahanannya hampir mendekati petroleum based pomades. Efek shiny yang ditimbulkan gak terlalu mencolok seperti dua pomade lainnya. Pomade ini cocok bagi kamu yang menginginkan tampilan gaya rambut yang lebih stylish, tahan lama.

Demikianlah artikel mengenai apa itu pomade, semoga dapat memberikan manfaat bagi para pria yang membacanya ya. Jadi, jenis pomade mana yang cocok untuk anda??