Sabtu, 29 Februari 2020

Apa itu Streaming?


Kita tentu sudah mengenal internet, dan tentu kita tahu apa manfaat yang dihasilkan darinya. Ada yang sudah mengenal streaming? Sebagai manusia yang hidup di era digital yang serba maju ini, kita pasti sudah pernah mendengar istilah apa itu streaming bukan?

Tapi, mungkin saja ada yang baru terjun ke dunia digital dan belum tahu pengertian steraming. Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

So, streaming adalah bentuk baru untuk menikmati audio maupun video menggunakan jaringan internet melalui perangkat tertentu. Stream itu berarti terus menerus atau mengalir. Ketika kita mendengarkan musik atau menyaksikan video, kita tidak perlu mendownload file tersebut, melainkan kita dapat menikmatinya tanpa harus menunggu sampai file tersebut berhasil di download.

File audio atau video kini telah memungkinkan secara langsung diakses di komputer kita masing-masing melalui jaringan internet. Alhasil, proses download yang cukup lama dapat dihindari.

Proses transfer yang modern ini memungkinkan  kita menyaksikan televisi melalui gadget kita secara live. Mengapa? Karena proses itu tadi, dimana transfer data tidak terhenti dan mengalami interupsi. Kita juga dapat menyaksikan film dengan ukuran file yang besar tanpa harus menunggu proses download.

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, beberapa publisher film dan musik mulai menjual file secara digital, selain mencegah pembajakan secara fisik, metode ini juga mampu mempermudah konsumen tanpa harus menumpuk CD fisik di rumah.
Format data pada streaming ada tiga jenis, format real media(.rm/.ram/.ra), windows media (.asf/.asx) dan Quicktime (.mov). Kita hanya perlu menginstal aplikasi player dari ketiga jenis tersebut. Akan tetapi, situs-situs terkini sudah menyediakan aplikasi player tersendiri yang pada akhirnya bisa kita akses dengan satu kali klick saja, mudahkan?

Setelah kita mengetahui apa itu streaming, hendaknya kita dapat lebih bijak dalam menikmati akses yang semakin mudah ini. kita dapat mencari informasi dengan detail melalui video streaming, dan juga dapat menghibur diri kita dengan audio streaming.

Mencari video tutorial dari hobi ataupun profesi yang kita tekuni sangatlah mengasyikan dan bermanfaat. Tapi jangan lupa, amati terus pulsa internet anda, jangan sampai kehabisan saat belum waktunya, hhha.