Senin, 24 Februari 2020

Kenali Apa itu Volunteer?

Apa itu Volunteer

Kata Volunteer tentu sudah akrab di telinga sebagian besar orang. Ya, terutama sih bagi mereka yang gemar untuk berorganisasi. Tapi, bagi sebagian lainnya, kata ini mungkin masih asing ya. Jadi, buat kamu yang gak tahu apa itu volunteer, santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Okat, mari kita bahas apa itu Volunteer. Dalam Bahasa Indonesia arti dari Volunteer adalah sukarelawan. Kata ini berasal dari bahasa Inggris loh. Biasanya volunteer bekerja pada organisasi diluar pemerintahan (Non Govermental Organization).

Volunteer membantu menyelesaikan berbagai permasalahan, seperti problem kemanusiaan, bencana alam, hingga masalah kebijakan publik. Peran volunteer sangatlah besar dalam mendukung pergerakan secara aktif.

Volunteer menawarkan dirinya untuk terlibat langsung dalam suatu pergerakan sosial. Hebatnya, karena dilakukan secara sukarela, mereka tidak mengharapkan kompensasi, maksudnya  fix salary gitu.

Meski para volunteer ini tidak mendapatkan bayaran secara materiil, namun ada banyak hal yang didapat. Pertama, para volunteer akan mendapatkan sertifikat, surat referensi, hadiah, mengembangkan diri dan menggeluti bidang yang disukai.

Selain mendapatkan pengetahuan baru, volunteer dapat lebih mengenal organisasi yang bersangkutan. Ditambah lagi, teman-teman sesama volunteer juga bisa loh menjadi aset bagi mereka alias sebagai upaya membangun networking yang lebih luas.

Untuk menjadi volunteer, biasanya kita harus menentukan apa kemampuan kita dan mulai memilih organisasi yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan. Syarat mutlak untuk menjadi seorang volunteer tidak lah sulit.

Baca juga: Apa Itu Anonymous?

Syarat menjadi volunteer

1. Iklas dan Senang
Menjadi volunteer adalah iklas membantu dan harus memiliki kesenangan dalam menolong. ketika kita memiliki dua poin tersebut, kita tidak akan kesulitan saat dihadapkan dengan pekerjaan yang berat sekalipun.

Iklas dan Senang adalah pondasi awal untuk melancarkan kegiatan sebagai seorang volunteer. setelah itu terpenuhi, maka sebaiknya kita fokus pada apa yang kita minati.

2. Memilih Bidang yang Kita Minati
Motivasi saat kita ingin menjadi volunteer haruslah jelas. Kita harus memilih bidang yang sesuai dengan apa yang kita minati atau kuasai. Misalnya saja nih, kamu gemar mengajar. Maka, kamu dapat bergabung dengan kelas inspirasi.

Atau kamu suka terhadap kegiatan konservasi alam, maka kamu bisa bergabung dengan organisasi lingkungan yang banyak tersedia baik nasional ataupun internasional.

Setelah kita mengetahui apa itu volunteer dan bagaimana menjadi volunteer, lalu keuntungan apa saja yang didapat, kita sudah mulai dapat menentukan akan menjadi volunteer dalam bidang apa? Selamat membantu dan mendapatkan hadiah yang lebih berarti dibandingkan uang.