Sabtu, 28 Maret 2020

Apa kepanjangan ATM??

Apa kepanjangan ATM??

Ada yang sudah tahu nama mesin berbentuk kotak yang dapat mengeluarkan uang? Oke ada yang tahu dan sebagian belom tahu apa kepanjangan ATM? Tenang akan kami beri tahu di artikel ini secara singkat. se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Teman-teman pasti sering menggunakan mesin yang namanya ATM. Tidak mungkin tidak tahu, minimal pernah melihat. Mengapa saya begitu yakin, karena mesin ini memang di tempatkan di area yang strategis: Pusat perbelanjaan, stasiun, bandara, rumah makan, dan lainnya.

Tunggu dulu, tapi bagi kamu yang biasa tinggal di daerah pedalaman atau lebih suka berdiam diri di rumah, ada kemungkinan juga kamu belum pernah melihat mesin ATM ini sih.

ATM ini punya kepanjangan dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk bahasa Indonesianya: Anjungan Tunai Mandiri, dan kalau singkatan ATM bahasa Inggrisnya adalah Automated Teller Manchine. Keduanya bila disingkat akan tetap menjadi atm. Mesin ATM ini jelas sangat membantu nasabah dalam bertransaksi tanpa harus melalui teller (pihak bank yaitu manusia).
Nah, pada awalnya mesin atm ini hanya dipergunakan untuk mengambil uang tunai. Seiring berjalannya waktu dan pihak perbankan terus mengembangkan inovasi-inovasi, akhirnya mesin ini mampu membayar tagihan, membeli tiket: bioskop, kereta, pesawat, pulsa telepon, dan mentrasfer uang ke rekening lain.

Diduga penemu ATM adalah seorang bankir dan ahli IT, atau satu orang yang memiliki kedua skill tersebut. Penemu ATM sampai saat ini belum ditemukan. Menghilang? Tidak, yang jelas memang tidak ada yang mengetahui siapa penemunya.

Akan tetapi, atm mulai dikenal pada tahun 1950-an di Amerika dan Eropa. ATM tidak seperti sekarang kala itu. Hanya nasabah yang lolos seleksi yang dapat menikmati layanan atm. Entah seperti apa seleksinya.

Sekarang teknologi yang lebih canggih telah berintegrasi dengan sistem online. Sistem yang lebih modern adalah mobile banking atau internet banking. Bentuk uang digital juga kerap menjadi hal baru yang mempermudah nasabah melakukan sejumlah aktivitas tanpa harus repot mencari mesin ATM.

Namun, ATM tetap memiliki keunggulan dalam hal penarikan uang tunai yang terkadang mendesak kebutuhannya. Demikian artikel mengenai ATM, akhirnya sekarang tahu deh apa itu singkatan dan sedikit sejarah mengenai ATM. Biar gak cuma tahu cara ambil uangnya doang, harus tahu dong kepanjangannya.