Jumat, 28 Februari 2020

Apa Kepanjangan Url?

Apa Kepanjangan Url?

Siapa yang belum tahu apa itu url? Pasti sebagian sudah tahu apa itu url. Untuk teman-teman yang sudah mengenal dunia blogging, tentulah mengetahui istilah url ini. Tapi yang belum tahu, santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Sebetulnya sih, kita pasti tidak asing, karena di jejaring sosial pribadi kita baik itu facebook, twitter, dan lainnya, kita memiliki url profil kita masing-masing.  Mungkin ada beberapa yang belum mengenal apa itu url, mari kita bahas mengenai url yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita.

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, yang menciptakannya adalah  Tim Bernest Lee pada tahun 1991. Penggunaan istilah ini masih digunakan, walaupun pada kenyataannya telah dikembangkan menjadi Uniform Resource Identifier (URI), pada tahun 1994.

URL adalah sebuah alamat web, penyatuan dari tiga informasi yang meliputi: Protokol, Alamat Server, dan Path File. Informasi pertama menunjukkan protokol (http://), lalu Alamat server (www.facebook.com), dan Pathfile(biasanya berakhiran.html). Jadi, apa itu url? adalah alamat  atau tempat yang dituju (Link).

Tim Bernest Lee adalah seorang kontraktor pada tahun 1980, sebelum ia mengajukan konsep hiperteks untuk mempermudah pembaruan informasi antar peneliti dan hengkang dari dunia kontruksi untuk melanjutkan hidupnya dalam dunia sistem komputer.

Jadi, Berners Lee membuat situs pertama dan web yang bernama httpd. Berners Lee juga tidak mempatenkan hasil kontribusinya memajukan World Wide Web, sampai akhirnya diberi penghargaan oleh Ratu Elizabeth II. Sangat mulia sekali Sir Bernest Lee ini ya?!

Baca juga: APA KEPANJANGAN GWS?

Bukan tanpa alasan url dibuat, melainkan ada beberapa fungsinya. Pertama, url dapat mempermudah kita mengingat alamat dokumen dalam suatu web. Kedua, tentunya dapat mempermudah kita untuk mengakses suatu file melalui alamat web(link).

Alasan ketiga, untuk pemberian alamat pada web. Keempat, untuk identifikasi dokumen/file didalam web. Lulusan Universitas Queen di Oxford University, Inggris, 1976 ini memang genius.

Demikianlah pembahasan kita mengenai url, apakah kalian sudah mulai paham dengan apa itu url? Setelah kita mengetahui apa kepanjangan url, mungkin pengetahuan kita mengenai dunia internet ini semakin bertambah ya.