Rabu, 12 Februari 2020

Apa yang Dimaksud dengan Hangat Hangat Tahi Ayam?

Apa yang Dimaksud dengan Hangat Hangat Tahi Ayam?

Sering mendengar orang ngobrol tentang suatu hal, terus ngasih pendapat gini “Ah, biasalah, dia emang sukanya hangat-hangat tahi ayam”. Atau “Paling juga cuma hangat hangat tahi ayam.” Terus, apakah kamu bingung mendengar pendapat itu?

Pendapat ini sebetulnya memang sebuah istilah atau peribahasa yang sudah umum dan sering digunakan. Jadi, kalau sudah disebut, jarang deh disertai dengan pengertiannya. Banyak yang berfikir, pastilah orang yang diajak bicara tahu apa maksudnya.

Nah terus, gimana donk kalau ternyata ada yang tak paham apa maksudnya si istilah ini? Jangan-jangan malah mikirnya ada hubungannya dengan kotoran ayam beneran? Hii. Khan menjijikkan ya?

Okay lah, sepertinya memang masih banyak orang yang tak tahu apa maksud dari peribahasa ini kog. So, Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele2.blogspot.com. Begitu khan ya? Yuuukkk…

Jadi, peribahasa ‘hangat hangat tahi ayam’ ini maksudnya adalah ketika suatu hal yang baik di awal-awalnya saja. Kalau suatu pekerjaan yang dilakukan, ya artinya seseorang yang hanya semangat melakukan pekerjaannya saat hari-hari awal saja, berikutnya melempem.
Kalau soal pameran misalnya, berarti pameran itu cuma ramai pengunjung saat hari-hari pertama saja, berikutnya sepi. Kalau soal issue politik, berarti isu politik itu akan segera memudahkan karena cuma ramai diperbincangkan saat awal keluar issunya saja.

Yah, hal ini memang seperti tahi ayam (sungguhan ya) yang kalau baru dikeluarkan oleh si ayam, maka akan terasa hangat. Namun, setelah beberapa saat, kotoran ayam ini akan dingin dan tidak terasa lagi kehangatannya. Haduuhh…


Kog jadi omongin tentang kotoran begitu ya? Ya biarlah. Yang penting, sekarang sudah paham kah tentang apa itu maksudnya hangat hangat tahi ayam? Ada yang belum puas dengan jawabannya? Mau nambahin? Okeee.