Sabtu, 30 Januari 2016

Mana Ya Ibukota Peru?


Jika kita cari informasi mengenai ibukota Peru di wikipedia Indonesia, mengapa sangat minim sekali yah? Padahal, Ibukota Peru ini lumayan menarik loh untuk dikaji. Ada yang masih belum tahu mana ibukota Peru? Santai saja karena sepele2.blogspot.com akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele2.blogspot.com.

Ibukota Peru adalah Lima. Lima dengan jumlah penduduk 6,2 juta jiwa memang bukan kota yang kaya, bahkan lebih kepada banyaknya desa-desa kumuh. Republik Peru adalah negara di Amerika Selatan. Dekat dengan Ekuador, kolumbia, Brasil, Bolivia dan Chili.

Seorang Spanyol bernama Fransisco Pizarro, menemukan Peru dengan mendarat di pantainya pada 1532. Sejak itu Peru menjadi penghasil emas dan perak untuk kerajaan Spanyol. Juli 1821, Peru mengemukakan kemerdekaan atas Spanyol. Namun, Peru tetap berperang dengan negara dekatnya Chili.

Ibukota Peru, Lima didirikan oleh Fransisco Pizzaro pada 18 Januari 1535. Menurut sejarah Spanyol, Lima pernah disebut Itchyma. Penduduk aslinya adalah suku Inca. Namun, kedatangan Spanyol beserta ajaran nasraninya membuat, orang-orang Inca memeluk agama Nasrani. Hubungan nama Lima tidak diketahui pasti darimana datangnya. Mengingat penduduk lokal suku Inca pun sudah dikabarkan punah.

Gempa pada tahun 1746 membuat Lima hancur, dan memaksa pembangunan kembali. Selama masa ini Lima kehilangan monopoli perdagangan luar negeri dan kontrol atas wilayah pertambangannya.

Lima memiliki iklim antara dingin dan hangat. Meskipun terletak di daerah tropis dan padang pasir, kota ini dekat dengan perairan Samudra Pasifik. Sehingga temperaturnya lebih dingin ummtuk ukuran gurun tropis.

Gaya arsitektur Lima bercampur gaya Spanyol. Terlihat dari bangunan katedral Lima yang terpengaruhi gaya barok Spanyol. Begitu juga dengan bentuk-bentuk taman: Taman Reserve, Taman Pameran. Lima adalah pot budaya karena penjajahan, imigrasi, dan pengaruh budaya adat lokal. Pengaruhnya dari Eropa, Andes, Afrika dan bahkan Asia.

San Marcos Universitas yang didirikan pada 1551 adalah pusat bagi lembaga pembelajaran yang terhitung tua di dunia. Spanyol menitik beratkan pendidikan pada kota Lima untuk cakupan benua Amerika saat itu.

Lima juga, telah mengembangkan sektor pariwisatanya teman-teman. Untuk yang ingin berwisata dapat mengunjungi museum, situs arkeologi, galeri seni, gestival dan jelajah tradisi. Lima juga memiliki kualitas masakan yang luar biasa komplit dimana masakan lokal dan internasional disajikan di tiap resto dan bar. 

Jika kamu tertarik ke Lima, jangan lewatkan acara keagamaan di Lima yang disebut "Sanctuary of Las Nazarenas", pesta di bulan Oktober yang sangat penting dan biasa didatangi para wisatawan.