Kamis, 28 Januari 2016

Kepanjangan SAR

 Kepanjangan SAR

Tahukah kalian kepanjangan SAR? Seringkali kita mendengar kabar ada pesawat jatuh, atau seorang pendaki gunung yang hilang, sampai kasus kebakaran hutan baru-baru ini. Semua masalah ini pasti melibatkan tim SAR. Tapi apa kepanjangan SAR?

Masih belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Begini teman-teman, kepanjangna SAR adalah search and rescue. Ini daribahasa Inggris, arti bahasa Indonesianya adalah pencarian dan penyelamatan. Visi misi dari SAR adalah mengusahakan mencari dan menolong jiwa manusia yang hilang atau terkena bencana: penerbangan, pelayaran, dan lainnya.

Istilah ini digunakan dalam cakupan internasional, jadi tidak heran banyak orang mengetahui istilah ini. Sejarah berdirinya di Indonesia terjadi pada tahun 1980 berdasarkan putusan menteri perhubungan. Lalu struktur organisasinya mengalami perbaikan di tahun 1998.

Struktur ini terus melakukan perbaikan sampai putusan menteri pada tahun 2006. Sampai pada tahun 2007, Basarnas menjadi lembaga pemerintah non departemen yang bertanggungjawab langsung kepada presiden.

Kegiatan pencarian dan menolong ini disebut operasi SAR. Operasi SAR ini juga tidak hanya pada medan-medan sulit seperti hutan, laut, dan gurun. Akan tetapi, sar juga dilakukan dilingkup perkotaan jika memang terjadi sesuatu yang sifatnya membahayakan nyawa seseorang atau publik.

Oh iya, SAR juga melakukan preparedness (kesiagaan), response (tanggap darurat), dan recovery (pemulihan). Tentu dong untuk menjadi bagian dari anggota sar butuh orang-orang berjiwa besar dan pemberani.

Syarat khusus untuk menjadi anggota Basarnas (Badan search and rescue) adalah, kita harus berumur paling rendah 18 tahun danpaling tua 35 tahun, memiliki tinggi badan minimal 163 cm, dengan berat badan yang proporsional. Ijasah juga sangat diperlukan tentunya, S1/S2, dengan ipk 2,75 minimal.

Nah, setelah persyaratan terpenuhi peserta akan diuji. Banyak tahapan uji atau tes yang akan dilakukan oleh pihak Basarnas. Pokoknya kamu harus diap secara mental dan fisik deh. Mengapa begitu? karena tim sar akan dihadapkan pada situasi yang urgent.

Sehingga kamu harus memiliki tubuh yang bugar dan otak yang cerdas untuk mendukung kegiatan kamu di medan tempur hhhe. Mau bergabungkah dengan sar untuk menolong sesama? Bagi yang berminat bisa penuhi persyaratan di atas yah.