Sabtu, 22 Februari 2020

Siapa Itu Galileo Galilei?

Siapa Itu Galileo Galilei?

Siapa sih yang tak kenal Galileo Galilei. Orang ini memang sangat popuer sejagad raya. Terutama, bagi para pelajar yang doyan banget ilmu pengetahuan, tentu kamu tahu donk siapa itu Galileo Galilei.

Tapi, sepertinya tak sedikit juga kog yang gak tahu siapa itu Galiloe Galilei. Buat kamu yang belum tahu, kita mau bahas nih secara singkat tentang siapa itu sebetulnya Galileo Galilei. Yah, ini memang pembahasan sepele, tapi berharga banget buat kamu yang gak tahu siapa itu Galileo Galilei. Gak tahu hal-hal yang sepele? Klik aja sepele2.blogspot.com.

Galileo Galilei adalah seorang astronom dan ahli fisika yang berasal dari Italia. Ia hidup dari tahun 1564 sampai 1642. Tentu saja ia tak hanya seorang ahli fisika dan astronom biasa. Ia adalah sang penemu teleskop astronomi.

Hasil temuan Galileo Galilei tak hanya itu loh. Ia juga menemukan hukum benda jatuh, hukum bandul, teori matematis gerak parabola, dan termometer. Bushet, banyak juga ya temuannya?

Karyanya yang lain yang juga terkenal adalah “Dialogo Sopra 'due Massimi Sistemi del Mondo, Tolemaico e Copernicano”. Nah loh, apa itu? Artinya adalah “Dialog tentang dua Sistem Besar Dunia menurut Otolomeus dan Copernicus”.

Karyanya ini lah yang sukses memberi dasar bagi mekanika dan perkembangan prinsip inersia yang kemudian menjadi Hukum Gerak Newton. Yah, ia memang inspiratornya  Sir Isaac Newton yang juga seorang penemu populer itu tuh.

Baca juga: APA ITU MUNAFIK?

Galileo juga dengan berani menyanggah pernyataan Aristoteles bahwa kecepatan benda jatuh bergantung pada berat benda. Hal ini tak hanya sekedar sanggahan, tapi ia pun membuktikannya.

Pada tahun 1604, Galileo melakukan percobaan dengan cara menjatuhkan benda dalam berbagai ukuran dan berat dari Menara Pisa. Nah, dari percobaan sederhana ini, ia mengetahui kalau semua benda tersebut ternyata jatuh secara bersamaan di Bumi.

Dari sini, ia kemudian menyimpulkan bahwa kecepatan benda jatuh adalah sama dan tidak dipengaruhi oleh ukuran dan beratnya. Hal inilah yang kemudian disebut sebagai Hukum Benda Jatuh.

Galileo kemudian juga sukses menurunkan lintasan parabola untuk gerak benda di bawah pengaruh gaya berat. Pokoknya, semua karya temuan dan kesimpulan pemikirannya ini hebat lah.