Sabtu, 06 Februari 2016

Apa Arti Alay?


Sampai saat ini saya bingung mengapa ada istilah alay? Arti alay itu apa sih? Bagi mereka yang super duper gaul dan selalu mengikuti perkembangan kaidah kebahasaan anak gaul, tentu kata alay ini sudah sangat akrab di telinganya.

Tapi, buat kamu yang gak tahu, santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Jadi, jika kita mencari tahu apa arti alay, mungkin kita bisa sampai ke lirik lagu yang dinyanyikan oleh Lolita. Dalam lagu itu, alay adalah akronim dari anak layangan. Nah, anak layangan alias alay ini digunakan untuk menyebut orang -orang yang perilakunya norak dan berlebihan.

Umh, tapi kenapa Anak layangan didefinisikan sebagai orang yang berperilaku berlebihan dan norak? Mungkin anak layangan itu kampungan, jadi masuk kedalam kategori norak. Sangat menarik jika kita mencari tahu apa arti alay, karena kata ini menjadi kompleks saat diterjemahkan.

Jika merunut lirik lagu 'Alay anak layangan, nongkrong pinggir jalan sama teman-teman, dia keliatan anak pergaulan yang doyan kelayapan' kita dapat menyimpulkan jika si alay ini anak layangan dan lebay, mereka mempergunakan gaya bahasa dan penampilan yang kurang sesuai dan tidak lazim hha.

Baca juga: Apa itu Endorse

Di Filipina ada juga makhluk sejenis alay, namun sebutannya adalah Jejemon. Bukan cuma di Indonesia saja ternyata. Dulu sempat nge-trend gaya tulisan besar kecil; aQu PeNgEn MaKan. 

Gaya tulisan itu sekarang dianggap sudah kuno, dan bagi spesies yang masih menggunakan gaya tulisan seperti itulah yang disebut makhluk alay pada masa kini.

Walaupun saya sadar dulu juga pernah bergaya tulisan seperti itu saat masih menggunakan handphone monokrom, berarti saya pensiunan Alayers.

Alayers adalah panggilan bagi orang-orang yang menganut paham alay, walaupun si individunya tidak menyadari jika ia 4L4Y hahha. Entahlah, Biasanya mereka punya gaya berbusana yang seragam dan terlihat kuno, tapi mereka pede dan tetap merasa up to date.

Sejauh ini, walaupun kata alay sudah berkembang pesat peredarannya di dalam obrolan sehari-hari, tetap tidak ada yang berani mengakui bahwa dirinya alay. Sehingga alayers tidak mudah dideteksi dan akan selalu menjadi minoritas.


Bagi kalian yang merasa bagian dari Alayers, setelah membaca artikel ini, mungkin akan tersinggung hha. Tapi, apakah kalian Alayers? Saya percaya tidak ada yang mau mengaku, karena alay ini adalah sikap yang tidak boleh diketahui orang lain hhha. Jadi apakah kalian seorang Alay??