Jumat, 12 Februari 2016

Ibukota Australia Di Mana Ya?

Ibukota Australia

Jika ditanya ibukota Australia, mungkin kita akan balik bertanya, "Australia yang mana nih?" Yap.. memang Australia ini biasa disebut ACT (Australian Capital Territory). Mengapa harus bertanya Australia yang mana? Karena Australia terdiri dari beberapa negara bagian. Australia terdiri dari enam negara bagian. Apa saja?

Belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele. Jadi, sebelum kita cari tahu ibukota Australia, mari kita bahas dulu apa saja enam negara bagian Australia.

Okay, mari kita mulai dengan New South Wales. New South Wales adalah negara bagian Australia yang paling banyak penduduknya. Ibukotanya adalah Sydney. Nah awas suka salah deh, kalo nyangka Ibukota Australia adalah Sydney. Bukaaan yaaa!!

Lalu ada Queensland, Ibukotanya sendiri adalah Brisbane. Ada Lagi Victoria, wilayahnya paling kecil, dengan ibukota Melbourne. Tahu dongg?!

Pernah mendengar Adelaide? Ini adalah ibukota dari Australia Selatan. Ada juga Australia Utara yang ibukotanya Darwin. Lalu Perth, ibukota dari Australia Barat dan Hobart ibukota dari Tasmania. Banyak banget kan negara bagiannya, itulah 6 negara bagian Australia.

Australia adalah benua terkecil sekaligus pulau terbesar. Satu-satunya benua yang dihuni oleh satu negara saja. Tidak diragukan lagi dong prestasinya sebagai negara maju juga makmur dengan peringkat ekonomi terbesar ke 13 di dunia.

Australia juga maju dalam banyak bidang lainnya: Kualitas kehidupannya, Pembangunannya, Kesehatan dan masih banyak lagi. Eh, lalu apa ibukota Australia?

Ibukota Australia (ACT) adalah Canberra. Kota ini yang menjadi pusat pemerintahan dari negara benua ini. Canberra dikawal olehMelbourne dan Sydney. Kota terbesar ketujuh di Australia dengan jumlah penduduk 339.000 jiwa.

Banyak yang menyebutkan, bahwa Canberra adalah kota yang dibuat khusus atau kota buatan. Semua kota memang buatan manusia, namun Canberra dibuat sebagai mediasi antara persaingan Sydney dan melbourne.  Ada yang menarik di Canberra, yaitu danau buatannya yang bernama Lake Burley Griffin.

Lake Burley Griffin ini adalah destinasi wisata utama di Canberra. Perairan yang dapat digunakan untuk olah raga air seperti: kayaking dan surfing ini juga dapat dinikmati dengan bersepeda mengelilingi danau tersebut.

Danau ini sangatlah indah, karena dibuat oleh Griffin dengan perhitungan yang sangat matang. Yap, Walter Burley Griffin adalah orang yang mendesain langsung Danau ini. Griffing berasal dari Amerika dan dipercaya membangun Canberra. Jika sempat main-main ke Canberra, jangan lupa mampir, biar gak nyesel, ok.