Minggu, 07 Februari 2016

Kenalan dengan Ibukota Hongkong


Jika kalian pernah mendengar kata Hongkong, tahu dong apa ibukota Hongkong? Hongkong adalah sebuah negara yang termasuk memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Negara ini beserta dengan ibukotanya sudah sangat populer di dunia loh.

Masih belum tahu apa ibukota Hongkong? Baiklan, santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Kita kenalan dulu dnegan profil singkat Hongkong. Jadi, Hongkong adalah koloni Inggris. Hongkong dikunjungi pertama kali oleh orang Eropa pada tahun 1513 oleh pelaut Portugis Jorge Alvares. Hongkong Terletak di Laut Tiongkok Selatan. Luas Hongkong ada pada urutan ke 179 di dunia.

Masih bingung ya? Hongkong itu negara atau Ibukota? Jika negara terus Ibukota Hongkong apa? Oke, mari kita ikuti penjelasannya pelan -pelan ya. Jadi, pada tahun 1997 Hongkong adalah koloni dari Britania Raya (Inggris). Lalu Inggris menyerahkannya kepada RRC (Republik Rakyat China), di bawah kebijakan satu negara dua sistem, karya Deng Xiaoping.

Urusan pertahanan nasional dan diplomatik ditangani oleh Beijing. Namun,  otonomi daerah Hongkong tetap dari pemerintah RRC. Hongkong termasuk salah satu pusat keuangan dunia. Sistem ekonominya kapitalis, lengkap dengan perdagangan bebas. Bursa sahamnya ada di peringkat ke-7 dunia.

Tahu gak kelebihan Hongkong? Hongkong termasuk negara yang transportasi umumnya paling lengkap dan digunakan oleh 90% masyarakatnya. Sistem transportasi modern terdiri dari bus, tram, kapal feri, kereta api dan taksi. 

Saya juga menganjurkan kalian browsing mengenai kota Hongkong dan lihat gedung-gedung pencakar langitnya yang sangat banyak. Pemandangan itu sangat Indah. Bukan hanya Indah, Hongkong juga menjadi kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia.

Hongkong adalah muara antara Timur dan Barat. Campuran budaya Asia dan Barat menjadi fengsui (kepercayaan rakyat Tiongkok). Dan uniknya tidak pernah ada angka (4) empat tercantum pada bangunan atau lantai suatu gedung atau hotel, karena sama dengan kata 'mati' pada bahasa Kanton (Bahasa asli Hongkong). Perpaduan budaya Asia dan Barat juga terasa pada masakan dan seni yang terdapat di Hongkong.

Sewaktu kecil kita sudah kenal Hongkong lewat film-film beladiri, yang diperankan oleh Bruce Lee, Chow Yun-fat, Jet Li, dan tidak lupa Jackie Chen. Jadi sudah jelas kan, Bahwa Hongkong adalah sebuah negara dengan nama ibukota Hongkong, ya Hongkong itu sendiri.

Okay sekali lagi biar gak bingung ya, ibukota Hongkong adalah Hongkong. Karena Hongkong adalah negara kecil yang juga merupakan ‘negara bagian’ dari RRC atau Tiongkok.