Kamis, 11 Februari 2016

Profil Negara Laos - Ini Loh Ibukota Laos

Ibukota Laos

Ada yang tahu negara mana di Asia Tenggara yang tidak memiliki pantai?? Kawasan hutannya yang rapat membuat negara ini menjadi penghasil kayu. Yang mengetahui tentu akan menjawab, Laos. Ya, Negara Laos adalah negara yang berasal dari kata Lan Xang (Kerajaan Gajah).

Sudah kenal dengan profil negara Laos? Atau lagi cari tahu lebih lanjut tentang porfil negara Laos dan ibukota Laos? Bagi orang yang sudah tahu, tentu ini hal mudah. Tapi yang belum tahu, pasti ini pertanyaan sulit ya? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Laos adalah salah satu negara yang menganut paham komunis loh. Laos dijajah oleh Perancis dan merdeka pada 22 oktober 1953. Jika kita sering mendengar bahwa Laos adalah negara yang terkurung atau terkunci, itu menandakan bahwa Laos adalah negara yang akan sulit mempertahankan diri jika berperang. Kenapa? Karena Laos tidak memiliki wilayah perairan alias Lautan.

Jadi, Ibukota Laos adalah Vientiane, yang letaknya di lembah Mekong, terletak diperbatasan Thailand. Kota ini dibagi menjadi 5 distrik. Lalu mengapa para Traveler menjadikan Vientiane sebagai sasaran mereka? Seperti kita tahu, Laos tidak memiliki wilayah pantai.

Akan tetapi, jika bicara wisata budaya dan peninggalan kebudayaan, Laos sangatlah mumpuni untuk dikunjungi. Dan jangan bayangkan ibukota Indonesia yang padat dan macet ditambah dengan polusi kendaraan, karena Vientiane tidaklah demikian. Pokoknya asyik dech.

Ada banyak ikon wisata di Vientiane. Objek wisata Patuxai yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah gerbang kemenangan, merupakan ikon dari kota ini. Dibangun untuk para mereka pahlawan korban perang. Mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, tapi Laos tetaplah Laos, sehingga ornamennya memberi kesan yang Laos banget. Mengapa begitu? Ada dekorasi makhluk mitologi asal Laos, ditambah lukisan dewa Wisnu dan Brahma.

Bergeser ke selatan dari pusat kota ada Taman Buddha (Xieng Khuan).  Di taman ini terdapat lebih dari 200 patung besar yang dibuat oleh satu orang seniman. Gak bakal nyesel kalo dateng ke sini. Ada patung Buddha tidur yang panjangnya 50 meter. Pengunjung juga dapat menikmati banyak patung kecil saat berjalan di dalam salah satu patung besar dan menuju puncaknya.

Ibukota Laos memiliki banyak wat (kuil). Sekalipun tidak memiliki pantai, toh masih ada sungai Mekong yang mengalir indah. Kita bisa berjalan-jalan sore menyusuri sungai Mekong ini sambil menunggu Night Market (Pasar Malam).