Kenalan dengan Ibukota Singapura Yuk

Ibukota Singapura

Siapa yang tak kenal dengan Singapura? Setiap orang sepertinya pernah mendengar nama negeri Singapore ini bukan? Sudah tahu profil negara Singapura dan juga di mana ibukota Singapura? Belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Okay, mari kita mulai dengan membahas profil singkat negara Singapura nan mungil ini.  Republik Singapura adalah negara persemakmuran Inggris. Letaknya di ujung selatan Semenjanjung Malaya. Pusat keuangannya ada pada peringkat empat dunia, keren banget. Singapura merdeka pada tahun 1965. Singapura juga menjadi negara terpadat kedua di dunia.

Jika ada yang bingung dengan nama Singapura, ini adalah nama negara atau nama ibukota, mungkin wajar. Jadi, jawabannya, ibukota Singapura adalah Singapura. Yap. Nama kota alias ibukota negara ini sama dengan nama negaranya.

Nama Singapura sendiri diambil dari kata 'Singa'. Walaupun menurut penelitian, tidak ada bukti pernah adanya seekor singa di Pulau ini.  Pendiri dan yang memberi nama Singapura adalah Sang Nila Utama.

Sang Nila Utama adalah anak dari Demang Lebar Daun, dari Palembang. Saat beliau menemukan pulau Temasek (sekarang Singapura) beliau melihat seekor singa, sehingga menamai Temasek dengan nama Singapura atau kota singa. 

Pemukim awal Singapura adalah orang-orang Sriwijaya, dari Sumatera. Sampai pada tahun 1613 perompak Portugis membakar seluruh pemukiman warga. Saat ini Singapura menjadi negara republik parlementer. Kedaulatan Singapura diraih pada 9 Agustus 1965. Yusof bin Ishak, Presiden pertamanya. Yusof juga memiliki darah Minangkabau dari ayahnya.

Saat ini tentu kita tahu, bahwa Singapura menjadi sasaran para Travellers. Singapura juga menyambut baik para pendatang mancanegara dengan membuka kasino dan melegalkan perjudian. Pemerintah ibukota Singapura juga membuat gedung-gedung pencakar langit.

Pernah mendengar The Marina Bay Sands? Yah, Ini dia Landmark Singapura yang menempatkan kolam renang pada lantai 57, sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan yang memesona. Dan, segi kuliner Singapura yang memiliki akulturasi lengkap Asia (india, China, Indonesia, Malaysia) menjadi daya tarik bagi wisatawan asing.

Dengan banyaknya fasilitas komersil, kota Singapura dinobatkan sebagai kota termahal. Perjalanan ke Singapura dari Jakarta juga tidak terlalu memakan waktu lama, buat yang ingin berlibur kesana hanya memerlukan waktu satu setengah jam saja. Tentu, menggunakan pesawat terbang.

Oh iya, waktu Singapura lebih cepat satu jam dari Indonesia (WIB). Untuk you, you yang suka belanja a.k.a shopping, kalian bisa mengunjungi Orchad street. Di sana pusat perbelanjaannya sangat teratur, kita dapat berbelanja secara nyaman, dan tentu saja tanpa sampah yang berserakan. Seru banget khan?