Senin, 08 Februari 2016

Mengenal Ibukota Zambia

Ibukota Zambia

Kali ini kita akan mencari tahu negara Zambia. Bagi sebagian orang, negara ini mungkin sudah sangat dikenalnya. Tapi yang belum tahu, mungkin profil singkat dan ibukota Zambia saja tidak tahu. Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Jadi, Negara Zambia ini berbentuk Republik yang berlokasi di Afrika Selatan. Sama dengan Laos, negara Zambia tidak memiliki garis pantai. Artinya negara ini terkurung di daratan Afrika.

Zambia diambil dari nama sungai Zambezi. Zambia terbagi menjadi sembilan provinsi: Provinsi Tengah Zambia, Provinsi Copperbelt, Provinsi timur Zambia, Provinsi Luapula, Provinsi Lusaka, Provinsi utara Zambia, Provinsi barat laut Zambia, Provinsi selatan Zambia, Provinsi barat Zambia.

Saya yakin ada yang terbersit di otak kalian saat mendengar Zambia. Sebuah air terjun yang Mahapopuler, Air Terjun Victoria. Nah, air terjun ini berada di Sungai Zambezi tersebut. Tingginya 128 meter dan lebarnya 1,6 kilometer.

Air yang jatuh ini sangatlah indah dan suaranya khas (khas keras banget bikin kaget hhha), membuat para wisatawan kagum, terutama penjelajah asal Skotlandia yang menemukannya, David Livingstone. Di atas Air Terjun Victoria ini terdapat kolam alami yang sangat indah dan diberi nama The Devils Swimming Pool.

Mengapa disebut The Devils Swimming Pool atau kolam setan? Karena dibalik keindahannya, kolam ini mengandung bahaya, bahkan jika kita berenang disana artinya kita telah mengundang bahaya. Banyak korban yang meninggal dunia di kolam ini loh.

Aliran air dan bebatuan yang licin adalah penyebab utama kecelakaan terjadi. Ngeri banget ya, tapi hal ini tidak pernah menyurutkan keberanian para pengunjung. Pasalnya, ketika ada di kolam tersebut, kita akan melihat keindahan yang luar biasa. Kita dapat melihat pelangi di air jika memiliki momen yang pas, lagi beruntung.

Jadi, Ibukota Zambia adalah Lusaka. Penduduk yang tinggal di ibukota Zambia ini lumayan banyak, karena memang Lusaka ini adalah kota terbesar di Zambia. ada apa sih di ibukota Zambia? Pada tahun 1905, pendatang dari Eropa mendirikan Lusaka.

Semenjak Zambia merdeka pada 1964, barulah Lusaka menjadi ibukota Zambia, menggantikan Livingstone, Rhodesia Utara. Lusaka juga punya kuliner yang diminati diantara negara-negara Afrika. Makanan nshima (makanan dari jagung) cukup diburu oleh wisatawan. Dalam setiap festival yang diadakan di Afrika, makanan ini menjadi ciri khas wajib yang harus disajikan.