Selasa, 02 Februari 2016

Kepanjangan AC Apa Ya?

Kepanjangan AC

Hawa panas memang seringkali membuat kita tidak tenang dan tidak nyaman. Tapi selalu ada solusi untuk meningkatkan hidup sehingga lebih nyaman dan enjoy. Untuk membuat suhu ruangan terasa lebih sejuk kita harus menggunakan AC.

Tapi, apa itu kepanjangan AC? Mari kita cari tahu yuk. Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Sejarah AC
Sejarah adanya AC (Air Conditioner), sudah sangat lama. Pokoknya saat manusia mengenal apa itu panas yang tidak nyaman sehingga harus disejukkan hhhe. Pada zaman Romawi, manusia sudah mengakali ini, mereka membuat penampungan air yang dibuat mengalir di dinding rumah mereka.

Dengan tingkat kerumitan dan biaya yang mahal, pada akhirnya hanya para orang kaya dan golongan Raja yang memilikinya. Michael Faraday, ilmuwan asal Inggris menemukan metode untuk mendinginkan udara.

Namun, metode tersebut belum rampung sepenuhnya sehingga dikembangkan oleh Dr. Jhon Gorrie yang menjadi cikal bakal AC. Gorrie juga belum merampungkan konsep AC ini secara lengkap, karena keburu dipanggil Yang Maha Kuasa.

Ow ya, Apa Kepanjangan AC? Kepanjangannya adalah Air Conditioner. Wllis Haviland Carrier lah seorang insinyur asal Newyork, menyepurnakan AC ini. Penggunaan AC pada saat itu bukan diperuntukan untuk rumah pribadi, melainkan untuk keperluan industri. Pada 1972, AC mulai digunakan dirumah-rumah di Amerika.

Cara Kerja AC
AC memiliki kompresor sebagai alat untuk memanfaatkan cairan/ air masuk ke kondensor. Udara di ruangan dihisap oleh kipas, dan accairan khusus bernama refrigerant menyerap panas sehingga udara menjadi dingin.

Setelah menghasilkan uap, disirkulasikan menuju kondensor, terjadinlah kompresi. Pada saat udara keluar melalui kondensor, udara dalam ruangan menjadi dingin, karena dihisap dan didalam AC ada gas pendingin (freon). Intinya udara panas dihisap dan mengeluarkan udara dingin melalui AC.

Geniuskan penemuan manusia akan kenyamanan? Teman-teman semua juga harus ingat bahwa penggunaan AC secara berlebihan akan membuat tagihan listrik menjadi berlebihan pula. Layaknya Anda AC juga perlu istirahat, karena jika AC diistirahatkan, tagihan listrikpun dapat ditanggulangi hhha.

Sekian artikel kali ini mengenai kepanjangan AC dan penjelasan singkat, semoga bermanfaat.