Selasa, 16 Februari 2016

Siapa Penemu Listrik?

Penemu Listrik

Listrik adalah sumber energi yang paling banyak dibutuhkan oleh umat manusia di seluruh dunia. Setuju? Tapi, tahu gak sih siapa penemu listrik ini? Dia sangat terkenal loh, terutama di kalangan para pelajar. Saat masih sekolah, kita pasti mempelajari hal ini.

Masih tidak ingat? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Julukan 'Bapak Listrik' ini diberikan kepada Michael Faraday. Berkat usaha gigihnya, penemu listrik ini dapat memberikan banyak hal bermanfaat bagi umat manusia. Ia menemukan ide-ide dasar teori medan magnet. Ilmu teori dan analisisnya sangat mengesankan.

Tokoh yang menyumbangkan ilmu dalam kelistrikan memang bukan hanya Michael Faraday, masih ada: Charles Augustine de Coulomb, Hans Christian Oersted, Andre Marie Ampere dan Alessandro Volta. Tapi kesempurnaannya ditemukan oleh ilmuan asal Inggris, Michael Faraday dan James Clerk Maxwell. \

Sang penemu listrik, Michael Faraday berasal dari keluarga yang biasa saja dan belajar secara otodidak. Pekerjaan awal karirnya sebagai tukang jilid dan berjualan buku. Ini yang menjadi gerbang menuju pengetahuannya dalam mempelajari banyak hal. Faraday juga langsung membuat penemuan-penemuan baru atas idenya sendiri, tanpa latar belakang di bidang matematika.

Pada tahun 1821 beliau menemukan motor listrik pertama, menggunakan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak. Penemuan ini menjadi cikal bakal pengembangan motor listrik modern.

Lalu pada 1831 ia menemukan bahwa bilamana magnet dilalui melalui kawat, arusnya akan mengalir ke kawat dan magnit akan bergerak, keadaan ini disebut pengaruh elektro magnetik yang disebut "Hukum Faraday", penemuan ini adalah penemuan paling penting.

Cikal bakal penemuan inilah yang berjasa besar bagi dunia. generator pembangkit listrik yang kita nikmati tenaganya setiap hari mengacu pada prinsip yang sama dengan pengaruh elektro magnetik. Dan ternyata Faraday memberi sumbangan di bidang kimia juga loh, ia membuat rencana mengubah gas jadi cairan dan menemukan berbagai jenis kimiawi.

Penyelidikan Om Faraday pada kimia terhadap arus listrik juga menghasilkan hukum: elektrolysis (elektro kimia). Ternyata istilah anode, cathode, electrode dan ion, itu kesemuanya dipopulerkan oleh Mr, Faraday.

Dalam bidang Fisika juga namanya muncul. Ia yang mengenalkan bidang fisika mengenai gagasan garis magnetis dan garis kekuatan listrik. Lalu ia menemukan, jika perpaduan dua cahaya dilalui bidang magnet, perpaduannya akan memgalami perubahan. Penemuan ini memberi makna bahwa ada hubungan antara cahaya dan magnet.

Faraday bukanlah kaum bangsawan walaupun ia dapat menjadi bangsawan setelah menemukan listrik. Namun, ia menolaknya. Faraday bukah hanya cerdas tapi dia jug alow profile. Terbukti saat menolak gelar kebangsawanan dan menolak tawaran menjadi ketua British Royal Society.

M. Faraday tidak memiliki anak dari perkawinannya yang panjang. Michael Faraday wafat pada 25 Agustus 1867 di London.