Minggu, 14 Februari 2016

Siapa Penemu Televisi?

Penemu Televisi

Kali ini kami akan membahas tentang penemu televisi. Coba kalian bayangkan betapa canggihnya alat ini, pada masa ditemukannya. Kami yakin sekali bahwa si penemu televisi ini, adalah orang yang memiliki daya khayal yang cukup tinggi pada masanya.

Ia yang pertama menemukan citra visual bergerak dapat ditransmisikan pada perangkat televisi. Tapi, siapa sih penemu televisi ini? Belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Okay, penemu televisi adalah John Logie Baird. Keinginannya adalah untuk membuat gambar visual bergerak. Keinginan ini muncul saat radio suara sudah ditemukan. Baird percaya bahwa gambar dan suara dapat dikirim melalui pesawat penerima nirkabel layaknya radio. Kala itu, ide gilanya tidak mendatangkan investor, karena meragukan keberhasilan dari Baird sendiri.

Siapa sih John Logie Baird ini? Baird lahir di Skotlandia pada 14 Agustus 1888. Ia seorang ilmuan penemu televisi dan bisnisman. Baird hidup dalam kondisi yang miskin, sampai pada 1923, ia mulai berkonsentrasi pada mesin untuk mentrasmisikan gambar dan suara.

Ia berhasil mengirimkan citra kasar melewati trasmiter tanpa sebuah kabel ke pesawat penerima. Ia mendemonstrasikan  karyanya di Royale Institute, London pada 1925. Kebayangkan bagaimana kagetnya perayaan televisi paling awal ini.

Tidak heran empat tahun setelah demonstrasi yang dilakukan Baird di London itu, saluran BBC ( British Broadcasting Corporation) memulai siaran televisi pertama, menggunakan peralatan Baird. Baird membuat desain sebuah perangkat yang disebut Nipkow disk, disk scanning, yang diciptakan oleh Ilmuan asal Jerman, Paul Nipkow. Baird mengadopsi ide Nipkow dengan lebih maju dan menemukan melalui apa sinyal dapat dikirim.

Baird awalnya bekerja sebagai salesman sepatu, uangnya hanya mencukupi kehidupannya sehari-hari, tidak lebih. Saat mulai menemukan televisi ia berlari gembira ke lantai bawah toko dan mbertemu seorang anak muda yang ia tawari untuk menjadi orang pertama yang masuk televisi.

Baird menjadi terkenal dalam satu malam saja, pada saat inilah bermuculan investor. Investor mulai yakin akan kemampuan Baird menciptakan televisi. Karya Baird digantikan oleh tabung sinar katoda karya Vladimir Zworykin. Namun Baird terus berusaha untuk mengembangkan televisinya. Dia mengembangkan televisi berwarna serta mengembangkan layar besar.

Baird meninggal di Inggris pada 14 Juni 1946. Jadi, begitulah kisah si penemu televisi ini ya kawan.