Kamis, 04 Februari 2016

Siapakah Penemu Komputer?

Charles Babbage

Komputer sudah kita kenal dengan sangat baik bukan? Sepertinya tak ada lagi orang yang tak pernah mengenal komputer. Tapi, tahukah kamu kalau di balik itu semua ada orang yang bersusah payah menciptakan alat yang sangat ampuh dalam membantu aktivitas manusia ini?

Sudah tahu siapa penemu komputer? Belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Siapakah penemu komputer? Charles Babbage, dia adalah orang yang berjasa dibalik penemuan komputer. Dia orang pertama yang menemukan cikal bakal komputer ini loh. Si penemu komputer ini lahir di Sothwark, London, pada 26 Desember 1792. 

Charles adalah seorang ahli matematika lulusan Trinity College, Cambridge. Dia tertarik pada mesin hitung, sampai akhir hayatnya. Jadi, tujuan utama dari Charles adalah ingin menemukan suau alat yang dapat menghitung secara akurat dengan sistem mekanik.

Pada saat itu penghitungan manual dengan mencatat di kertas, memiliki resiko kesalahan yang sangat tinggi. Karenanya, ia berkeinginan untuk menciptakan alat yang telitinya melebihi kemampuan manusia yang tidak lepas dari kesalahan.

Lalu terciptalah mesin hitung pada 1832, dibarengi dengan pemikirannya tentang mesin yang lebih baik. Kemudian, terciptalah Analytical Engine di tahun 1856, alat ini yang menjadi cikal bakal komputer modern.

Ternyata, seorang sarjana dari Harvard, Howard H. Aiken tertarik dengan pemikiran Charles. Pada 1946, Ia pun membuat Mark I. Mark I adalah komputer untuk segala keperluan yang pertama kali ada di dunia. Nah, sejak saat itulah perkembangan komputer terus berlanjut sampai kepada komputer canggih yang kita operasikan sekarang dan bermanfaat bagi kehidupan.

Kontribusi Charles Babbage dalam matematika selain mesin hitung membuatnya mendapat gelar lucasian chair of mathematics (gelar matematika) dari Universitas Cambridge. Ia menemukan lokomotif kereta yang mampu membersihkan rel, sistem pos di Inggris dan tabel asuransi. Sampai akhirnya Charles Babbage wafat pada 18 Oktober 1871.

Babbage yang memiliki jasa dalam pembuatan komputer pertama juga tak lepas dari para pemikir terdahulunya yaitu: Wilhhelm Schickard dan Pascal. Mesin yang dikembangkan oleh Babbage semasa hidupnya, sekarang dapat dilihat di museum Saint London.

Pada tahun 1991, gagasan Babbage diimplemetasikan dan berhasil. Maka terbukti bahwa pemikirannya sangatlah genius terlepas kendala perihal dana dan lain-lain yang tidak sempat ia rampungkan semasa hidupnya.