Apa Sih Singkatan DP itu?

Singkatan DP

Saya ingin bertanya pada teman semua. Apakah disini ada yang pernah kredit suatu barang, atau mungkin kendaraan? Pasti teman-teman harus membayar DP kan? Eh, memangnya, Apa sih singkatan DP itu? Ada yang belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Okay, sebetulnya ada banyak sih singkatan dari DP. Mari deh kita cari tahu bareng -bareng apa saja singkatan DP yang dikenal di masyarakat Indonesia, atau bahkan sedunia.

DP = Down Payment
Yang pertama, singkatan DP itu berarti down payment. Tapi, ini untuk masalah kredit yang tadi loh ya. Eh tapi, kalo pertanyaannya, "Eh DP kamu dimana tuh, bagus banget," atau "DP kamu cantik banget ya? singkatan DP dalam hal ini apa? Ini beda lagi.

DP = display picture
DP adalah singkatan dari dasar perempuan, eh bukan deh, "dasar pelit" hhha. Jika teman-teman menggunakan sosial media, DP disini berarti display picture. Display picture ini adalah foto/ gambar profile teman-teman dalam sosial media masing-masing yang dapat seenaknya kalian ganti. Itu loohh, yang kalian ganti terjadwal setiap seminggu sekali, atau setiap ada stok selfie baru hhhee.

Istilah DP ini pertama dikenal di jejaring sosial BBM (blackberry Messenger), pada saat itu memang bbm menjadi messenger pertama berbasis internet yang ada di handheld (handphone). Sebelumnya memang sudah ada yahoo messenger, namun penggunaannya hanya di komputer (PC) atau jika memang ada di handphone, namanya belum disebut DP karena mulai saat bbm lah ada istilah ini.

Kenapa saat bbm? karena pada bbm layanan untuk mengganti foto diisi dengan kalimat change display picture, sebenarnya banyak kalimat lain yang dapat digunakan untuk menggantinya seperti : Photo Profile, avatar, Picture id. Namun, masyarakat terlanjur menggunakan display picture, karena memang dibatu oleh bbm yang menggunakan kalimat tersebut.

Display picture juga menjadi awal mula pembeda antara pesan sms (short message service). Jika sms hanya memberi pesan teks lewat nomer telepon, layanan chatting masa kini mampu terasa hidup karena ada DP yang mampu kita lihat. Seakan-akan kita memang sedang mengobrol dengan orang yang fotonya terlihat. Berbeda dengan sms yang mungkin saja dibalas oleh orang lain, bukan oleh si pemilik nomer tersebut.

Tapi saya yakin sekarang kalian sudah tidak lagi kebingungan dengan istilah-istilah yang ada pada chatting messenger. Sebenarnya memang banyak sekali istilah yang ada pada messenger setelah bbm booming. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian menjadi lebih up to date lagi ya.