Selasa, 14 April 2020

Apa ya Singkatan PLN Itu?

Singkatan PLN

Ada yang tahu dengan perusahaan yang memiliki misi menjalankan bisnis kelistrikan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan? Menjadikan tenaga listrik untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarat? Yah.. PLN. Seperti dikatakan oleh Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla, Bahwa listrik kini sudah menjadi bahan pokok.

Arti kata, sembilan bahan pokok atau SEMBAKO sudah bertambah menjadi sepuluh, karena listrik masuk juga. Betulkah? Tapi, apa sih singkatan PLN itu? Ada yang belum tahu? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Profil PLN

PLN sendiri berdiri saat Belanda mulai bergerak pada bisnis pabrik di Indonesia. Belanda membuka pabrik gula dan teh di kawasan pulau jawa, tentu sebuah pabrik harus memiliki listrik yang memadai. Akhirnya pada abad ke 19, kelistrikan dikawasan Indonesia mulai ditingkatkan. Ups lupa, singkatan PLN adalah Perusahaan Listrik Negara. Tahu ya singkatan PLN?

Dan seperti kita tahu bahwa pada tahun 1942-1945, Belanda menyerahkan perusahaan-perusahaannya kepada Jepang. Sehingga terjadilah peralihan pengelolaan pada PLN pula.  Ehh ternyata Jepang juga menyerah terhadap sekutu pada akhir perang dunia ke II pada 1945. Gimana sih ini? hhaa.

Baca juga: APA KEPANJANGAN GWS?

Pada saat inilah perusahaan PLN diserahkan kepada pemerintah Indonesia sepenuhnya. Pak presiden Soekarno juga membentuk jawatan listrik dan gas di bawah departemen pekerjaaan umum.

Belum selesai, tahun 1961, jawatan listrik dan gas diubah namanya menjadi BPU-PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara). Seiring dengan kebijakan yang diberikan kepada sektor swasta maka, tahun 1994 status PLN beralih menjadi perusahaan perseroan yang sebelumnya adalah perusahaan umum. Sampai sekarang PLN bertugas memberikan listrik kepada seluruh masyarakat. Panjang sekali sejarah PLN jika diuraikan secara detail disini, jadi singkat saja deh.

Mulai saat ini, teman-teman harus tahu apa itu PLN. Awas ya, jangan cuma mengeluh pas mati lampu saja bilang, "Aduh kebangetan nih PLN, aku kan lagi ngerjain tugas, kok mati sih," padahal kita gak tahu singkatan PLN apa, kan malu.

Tapi PLN sudah memiliki motto yang berbunyi "Listrik untuk kehidupan yang lebih baik", Jadi jangan mengeluh kalo mati lampu. Mungkin saja PLN sedang melakukan pembaruan kabel bawah tanah, yang memakan waktu pengerjaannya dan demi keamanan harus dimatikan aliran listriknya.