Selasa, 15 Maret 2016

Air Beriak Tanda Tak Dalam, Apa Artinya?

Air Beriak Tanda Tak Dalam

Mungkin kita pernah menjumpai orang yang banyak bicara dan selalu ingin terlihat pintar. Nah, orang tersebut mungkin dapat dikatakan ‘tong kosong nyaring bunyinya’. Tapi pernahkah mendengar peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam? 
Arti dari Air Beriak Tanda Tak Dalam adalah orang yang banyak berbicara, akan tetapi dari banyaknya hal yang ia sampaikan, sebenarnya orang tersebut tidak paham pada apa yang dibicarakan.
Penggunaan kalimat ini biasanya disampaikan langsung pada orang bersangkutan. Air beriak tanda tak dalam bisa merupakan sindiran yang halus kepada orangnya langsung atau ketika menceritakannya kepada orang lain, contoh:” Kamu tahu Rio? Dia itu air beriak tanda tak dalam.” Atau “Orang yang banyak bicara tapi hanya ingin terlihat pintar seperti air beriak tanda tak dalam.”
Dalam keseharian pasti kalian akan menemui orang-orang seperti itu, saat itulah kalian dapat mempergunakan peribahasa ini. Bahasa Indonesia penuh dengan peribahasa,  jika tidak percaya, saya akan memberikan beberapa peribahasa yang dapat dipergunakan oleh kalian untuk sekedar menyindir ataupun mengisi obrolan agar lebih menarik.
Peribahasa Indonesia:
1.    Air direncang tidak putus jua
Artinya: Pertengkaran/perselisihan tidak akan dapat memutuskan tali persaudaraan.
2.    Air mata jatuh ke perut
Artinya: Orang yang menyimpan/menyembunyikan kesusahannya.
3.    Air tenang jangan dikira tiada buayanya
Artinya: Orang pendiam bukan berarti penakut.
4.    Air diminum sembiluan
Artinya: Batin tidak bisa tenang jika mengalami kesusahan.
5.    Bagai air di daun talas
Artinya: Pendiriannya tidak tetap.
6.    Menibuang air yang keruh, menganibil air yang jernih
Artinya: Menjalani kehidupan baru dan meninggalkan kenangan lama.
7.    Seperti air dalam ter-enang.
Artinya: Orang yang sikapnya tenang dalam menghadapi permasalahan.
8.    Air mudik ke sungai, semua teluk diranai
Artinya: Pengeluaran biaya yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Berikut peribahasa bahasa Indonesia yang hanya sebagian saja, masih banyak lagi peribahasa lain yang berhubungan dengan air, mungkin karena Indonesia adalah negara maritim, jadi banyak banget yah peribahasa mengenai air di negara ini. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.