Senin, 14 Maret 2016

Apa itu Advertising?

Apa itu Advertising

Tidak asing lagi jika kita sering melihat iklan atau pariwara di TV, di jalan-jalan yang terpasang besar atau mendengarnya di radio. Kata Advertising, sudah tidak asing lagi. Tapi, siapa tahu dari sebagian banyak orang, ada yang belum tahu apa itu advertising. 

Advertising asal kata dari avertere (mengalihkan pandangan). Yah, iklan harus mempu mengalihkan pandangan seseorang sehingga terjadi daya tarik pada apa yang dilihatnya.

Advertising adalah suatu informasi tentang jasa/produk untuk konsumen, agar menetapkan pilihannya. Apa itu advertising? banyak hal, kita dapat menjumpainya secara cetak, audio, maupun visual. 

Iklan dikampanyekan melalui media konvensional atau media  baru (internet). Sebenarnya menerut teori konsep Jeremy McCarthy, profesorHarvard Business School, ada empat elem dasar: Yang pertamana, adalah produk. 

Lalu berikutnya adalah Price (harga), Place (tempat), dimana konsumen dapat membeli produk tersebut (toko, distributor, dll), terakhir adalah promotion (promosi), dimana konsumen yakin untuk membeli produk.

Simak juga: Apa itu developer?

Pada masa kini, Televisi dianggap sebagai media iklan paling efektif, tak heran jika harga iklan TV menjadi paling mahal dari media-media lain. 

Iklan televisi mencakup informasi dan komersial yang menggiring penonton untuk memiliki produk dari sang produsen yang memasang iklan. 

Harga iklan di TV bervariatif, bisa diselingan acara, atau berjalan saat acara (running teks), dan masih banyak lagi jenisnya.

Untuk iklan radio, kini memang menempati harga yang tidak terlalu mahal. Pasalnya radio memiliki keterbatasan yaitu hanya audio. 

Tapi sebagian besar pengiklan masiih percaya bahwa the power of mind, suatu ciri dari radio masih efektif digunakan untuk memberi impuls pada masyarakat. 

Dan di era digitalisasi ini iklan jaringan internet memiliki banyak kelebihan hingga ragam jenis, rich media iklan, sosial jaringan, iklan baris online, iklan banner, iklan teks, dan masih banyak lagi. Keuntungannya adalah bersifat world wide (seluruh dunia).

Yang sedang populer adalah celebrity Branding. Teman-teman sering melihat ada iklan di kolom komentar para artis, nah, itulah iklan ini. 

Pemilik produk memfokuskan kekuatan kepada selebriti. Iklan jenis ini terbilang baru dan menjanjikan, siapa yang tidak tergiur memiliki produk yang sama dengan artis? iya kan??