Senin, 14 Maret 2016

Apa itu Asma?

Apa itu Asma?

Penyakit ini disebabkan karena kelainan saluran nafas yang berupa kepekaan terhadap rangsangan dari lingkungan. Yah, asma. Apa itu Asma? 

Asma adalah penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, dimana trakea dan bronchi berespon aktif terhadap stimuli tertentu (kedinginan, debu, dll). Asma juga bisa kambuh saat si penderita mengalami kelelahan.

Kelelahan emosi/pikiran dapat memicu terjadinya asma. Bagi teman-teman yang memiliki kerabat dengan penyakit asma, sebaiknya tidak merokok di dekat orang tersebut. 

Karena penderita asma bisa sangat peka terhadap asap rokok, dan dari bahan yang terhirup lainnya. Oh ya, Asma bukan penyakit yang menular!

Asma terbagi menjadi 2 jenis, asma ekstrinsik dan juga intrinsik. Apa itu asma ekstrinsik? bagi pengidap asma ekstrinsik, biasanya akan kambuh saat penderita menghirup sesuatu atau alergi, jadi berasal dari luar tubuh. 

Biasanya penderita asma ekstrinsik kurang dapat berolahraga, karena jika terlalu lelah penyakit asma tersebut akan kambuh. Asma Intrinsik inilah, yang biasanya timbul saat penderita sedang stress atau saat kondisi emosinya sedang tidak stabil.

Penderita Asma sudah diketahui sejak kanak-kanak, asma dapat sembuh walaupun suatu saat akan muncul kembali. Penyakit ini juga bersifat turun temurun, misalnya saja si A memiliki asma, lalu anaknya si A pun kemungkinan besar mengidap asma. 

Jangan membiarkan penyakit ini tanpa pengobatan dokter atau usaha anda sendiri. karena asma bukan penyakit yang tidak berbahaya, bahkan ada beberapa orang yang meninggal dunia akibat sesak napas.

Penyebab asma beragam, mulai dari debu yang berasal dari buku-buku atau kasur, makana, dan lingkungan hidup. Ada beberapa obat tradisional untuk asma, yaitu: Madu, Campurkan 2-3 sendok madu kedalam air hangat kemudian diminum oleh penderita asma. 

Madu sangat baik untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernapasan. Madu dapat dicampur dengan kayu manis. Jahe, seperti kita ketahui khasiatnya, dapat menghangatkan badan, tenyata dapat juga mengobati asma. 

Jahe dapat mengatasi peradangan dan menghentikan bertambahnya lendir. Penggunaannyapun sama diminumkan saja, setelah jahe tersebut di proses menjadi minuman.