Senin, 14 Maret 2016

Apa itu Benefit?

Apa itu Benefit?

Artikel kali ini akan membahas apa itu benefit? Bagi kalian yang akan melamar pekerjaan ada baiknya melihat sistem kompensasi dan benefit pada perusahaan yang akan kalian lamar. Karena terkadang sistem benefit ini menunjang kehidupan kalian lebih daripada gaji pokok.

Sistem imbalan memiliki tiga hal penting. yang pertama adalah upah, bentuk imbalan yang diberikan perusahaan kepada pegawai/karyawan bergantung jabatannya. 

Benefit, apa itu benefit? adalah bentuk imbalan jasa/dasar kebutuhan yang berguna untuk memperlancar proses kerja. 

Dan ada juga Insentif, merupakan imbalan jasa berdasarkan pada tolak ukur prestasi, terkadang insentif bisa tidak berupa uang.

Ketiga unsur tersebut biasanya dipenuhi oleh organisasi atau perusahaan untuk menunjang kinerja karyawan. Tapi apakah pernah kalian melihat suatu lowongan pekerjaan untuk memegang jabatan komfensasi dan benefit? Jabatannya sekelas manager.

Kompensasi adalah imbalan finansial yang diterima oleh karyawan melalui hubungan kepegawaian mereka dengan suatu organisasi/perusahaan. 

Tujuannya adalah untuk: memikat karyawan, mempertahankan karyawan, memotivasi karyawan. Benefit biasanya berbentuk tunjangan seperti asuransi jiwa, kesehatan, cuti, liburan yang ditanggung oleh perusahaan.

Komfensasi dan benefit harus dikelola dengan baik, di bagian sumber daya manusia perusahaan. Dengan adanya sistem komfensasi dan benefit ini, para karyawan dan tenaga-tenaga profesional akan termotivasi untuk mencapai target-target perusahaaan tersebut.

Para pengelola ini lah yang harus berhati-hati dan pintar mempertimbangkan tentang apa yang karyawan ingin capai sehubungan dengan program benefit yang sudah dibuat. 

Makanya, pada tahap wal biasanya perusahaan memberikan gaji pokok dan benefit yang rendah, namun dengan insentif yang besar. Itu dikarenakan agar karyawan mencari prestasinya sendiri untuk dapat meraih benefitnya.

Berdasarkan survey tahun 2000, prosentase benefit dari gaji adalah 30%, untuk perusahaan yang besar mungkin akan lebih besar benefitnya. Seperti tadi di atas, benefit ini mencakup Asuransi, kesehatan, pensiunan, asuransi jiwa. 

Ada lagi benefit seperti bantuan belajar, layanan transfortasi, tunjangan makan dan pulsa, bonus hari raya, fasilitas kredit, ini semua masuk ke dalam benefit layanan karyawan.