Kamis, 17 Maret 2016

Apa itu DBD? Yuk Kenalan..

Apa itu DBD?

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dan biasa kita sebut DBD adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa nyamuk. Indonesia sendiri, menduduki peringkat kedua penderita DBD. 

Negara yang pertama adalah Brazil. 1.125 kasus kematian, menempatkan Indonesia sebagai negara tertinggi kasus DBD di Asia Tenggara. Apa itu DBD, DBD adalah singakatan dari demam berdarah.

Jika kalian mengalami demam, sebaiknya kalian periksa ke dokter, jangan menunggunya terlalu lama. Biasanya demam mencapai 41 derajat celcius ditambah nyeri pada tubuh (tulang, otot). 

Banyak yang tidak mengetahui gejala-gejala yang terjadi, karenan menganggapnya biasa. Bayi dan anak kecil sangat rentan daripada orang dewasa untuk terserang DBD. Karena anak-anak akan mengalami demam yang cukup berat bagi tubuhnya. 

Dengue bisa mengancam jiwa pada pasien dengan penyakit kronis (jangka panjang), seperti diabetes dan asma.

Gejala DBD ini sangat berbahaya karena baru terlihat tiga hari sampai dua minggu. Gejalanya diawali dengan demam tinggi. Menjadi berbahaya jika sang penderita menganggap demam biasa atau masuk angin, sehingga tidak ditangani dengan serius. 

Penyebabnya tidak lain adalah gigitan nyamuk yang membawa virus dengue. Nama nyamuk tersebut adalah Aedes aegypty. Jadi, DBD tidak menular dari manusia ke manusia.
Tidak ada obat-obat-an yang khusus untuk mengobatinya. 

Biasanya disembuhkan dengan beristirahat dan minum banyak cairan, atau parasetamol. Dalam waktu 1-2 minggu biasanya keadaan mulai membaik, jika penanganan tepat. Para ilmuwan terus melakukan riset untuk cara pencegahan dan pengobatan dengue. 

Juga berupaya untuk mengendalikan nyamuk, membuat vaksin, dan membuat obat-obatan untuk memerangi virus tersebut. Makanya lebih baik kita mencegah dari pada mengobati.

Nah, setelah tahu apa itu DBD, sebaiknya kita mulai mencegah penyakit ini. Nyamuk akan muncul saat rumah kita kotor, maka bersihkanlah. dapat menggunakan pembasmi nyamuk juga untuk mengusirnya. 

Genangan air harus dihilangkan jika memang halaman rumah kalian luas, sebaiknya hindari genangan-genangan air dapat terjadi, dan juga kuras bak mandi dan taburkan serbuk abate supaya jentik nyamuk mati. Pasanglah kelambu di tempat tidur kalian. Pakailah anti nyamuk.