Kamis, 17 Maret 2016

Apa itu Diare?

Pernah mengalami mencret-mencret? Ini adalah salah satu ciri penyakit diare. Yah, pasti kalian sudah sering sekali mendengarnya, bahkan mengalaminya. Tapi apa diare yang lebih lengkap akan dijelaskan. 

Berikut pengertian diare, adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya. Ngeri sekali yah.

Menurut Bdan kesehatan Dunia, diare adalah penyebab nomor satu kematian balita. Di Indonesia, setiap tahun sampai 100.000 balita meninggal karena diare. 

Orang yang mengalami diare, akibat sering mengeluarkan cairan tubuh, sehingga menyebabkan lemas. Itulah yang dapat menyebabkan kematian. Penyebab diare yang pertama adalah dari kontaminasi makan dan minum (terdapat bakteri/parasit), Alergi makanan.

Diare dapat dicegah dengan cara mencuci tangan sebelum makan. Lebih seringlah menjaga tangan tetap higienis. Meminum air matang (air yang telah diolah). Makan makanan yang bersih. 

Jika sudah terkena diare, sebaiknya perbanyak makan dan minum untuk mengembalikan ion tubuh. Lalu, minum garam oralit. Ada beberapa cara tradisional seperti merebus daun jambu biji dan kunyit, kulit manggis,dll. Memakan banyak pisang untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Begitulah mengenai penyakit diare. Sekarang sudah jelaskan apa itu diare. Sebaiknya kalian banyak mengonsumsi air putih untu mencegah sekaligus mengobati diare. 

Penyakit ini tidak dapat dianggap remeh, karena jika kalian sudah terkena diare, kalian akan tahu betapa tersiksanya harus bolak balik ke kamar mandi. Kalian juga akan kelelahan, kehabisan tenaga.

Ingat hal yang pertama kali dilakukan saat mulai kebingungan mengatasi diare adalah menemui dokter. Jika sudah lebih dari 24 jam, sebaiknya kalian langsung saja ke dokter tanpa harus ragu dan mereka-reka penyakit apa yang diderita. 

Karena jika bukan diare, bisa saja itu penyakit yang lebih berbahaya seperti;kanker usus. Jangan sampai ya, semoga kita sehat selalu.