Kamis, 17 Maret 2016

Apa itu Ketombe?

Apa itu Ketombe

Bagi kaum wanita tentu lebih sering mengalami ketombean pada rambut. Masalahnya bukan rambutnya saja yang menjadi tidak terlihat indah saat ada ketombe, tapi ketombe tersebut yang seringkali berjatuhan ke pakaian atau celana. Apa itu ketombe dan mengapa bisa terjadi? Mari kita bahas secara singkat.

Apa itu ketombe? Merupakan sel-sel kulit mati pada kepala. Sehingga kulit kepala terlihat bersisik dan terasa gatal. Sebenarnya sih ini tidak terlalu menganggu, tapi jika ketombe tersebut sudah menyebabkan iritasi pada kulit kepala, itu berbeda cerita. 

Banyak faktor penyebab ketombe dapat terjadi, misalnya saja keringat yang menumpuk dikulit kepala, dan tidak sering melakukan keramas. Dapat juga timbul dari penggunaan minyak rambut atau sampo yang tidak cocok dengan kulit kepala anda. Dan kabarnya, ketombe dapat muncul saat kita melakukan diet ketat.

Penyebab ketombe adalah kulit kepala yang terlalu kering, membuat kulit terkelupas. Tapi kulit yang terlalu berminyakpun dapat menjadi sumber makanan bagi jamur, lalu jamur tersebut merangsang pengelupasan kulit. 

Hehee serba salah kan? Sama halnya dengan ketika terlalu sering dan terlalu jarang keramas, ketombe pun juga akan mucul. Banyak sekali sebab datangnya ketombe, bahkan dari pola hidup kalian. Kabar mengatakan jika kita stress ketombe pun akan menumpuk dikepala kita.

Tetapi ternyata ketombe juga bukan hanya muncul di kepala saja. Ketombe dapat muncul pada anggota tubuh lainya, alis, telinga, bahkan bulu mata. Jadi, jika anda melihat kulit anda kemerahan dan terasa kering, sebaiknya konsultasilah segera, dengan dokter tentunya. 

Sebenarnya ketombe yang terdapat pada rambut tanpa menyebabkan kulit kemerahan, tidaklah berbahaya. Hanya saja mungkin rasa gatal dan malu timbul pada penderitanya. Ketombe juga tidak menular.

Nah, sudah jelas mengenai apa itu ketombe? untuk terhindar dari ketombe sebaiknya kita mencari sampo yang cocok bagi kulit kepala kita, atau pergunakan kulit lidah buaya saat keramas. Dan yang terpenting untuk membununh jamur adalah, biarkan kepala kita disinari matahari, karena dengan begitu jamur-jamur tersebut akan mati.