Apa itu Maag?

Apa itu Maag?

Penyakit pada lambung dan yang berhubungan dengan saluran pencernaan sangatlah banyak. Namun, kali ini kita akan membahas penyakit maag. 

Karena penyakit ini, sering diderita ulah orang-orang pada usia muda yang tidak terlalu mementingkan keteraturan pola hidup. 

Jika kalian sering sakit saat buang air besar, Mual dan muntah, lalu perut terasa kembung, sering merasa lapar, bisa jadi kalian menderita Maag. 

Apa itu maag? Maag atau radang lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung karena terjadi luka pada lambung. Ada dua jenis penyakit maag.

Pertama Gastritis Akut, penyakit maag akut dari lambung dan terjadi implamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, dan gangguan fungsi organ tubuh). 

Lalu Gastritits Kronis, Lambung penderita mengalami implamasi kronis dari tipe gangguan tertentu.Tahapan maag dari mulai teringan, sedang, kronis, hingg akanker lambung.

Penyebabnya adalah pola makan yang tidak teratur, biasanya para mahasiswa sering telat makan nih. Bisa juga karena mengonsumsi obat-obatan tertentu, alkohol, pola tidur tidak teratur dan stress. 

Bagi penderita maag yang sudah parah, gejala maag dapat menyebabkan kematian. Nah loh, Sangat berbahaya kan? Untuk itu hindari mengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol. Bagi penderita maag, diberikan rasa sakitnya saja sudah terasa sangat menyiksa loh.

Sejauh ini maag bisa disembuhkan. Namun, tidak dapat sembuh secara total. Maag masih bisa kambuh tiba-tiba. Jika kambuh, penderita harus memakan obat maag. Obat maag biasanya diminum sebelum makan. 

Tujuannya untuk menetralisir asam lambung. Setelah asama lambung ternetralisir barulah penderita boleh makan, agar tidak melukai lambung. Cara mencegah maag adalah makan secara teratur dan jangan makan sembarangan atau memakan makanan yang tidak higienis.

Nah, sudah mengerti kan apa itu maag? Sebaiknya kalian mulai sekrang makan dengan teratur. Walaupun gaya hidup diet sedang marak dan hits, tetap pola makan yang teratur diperlukan. Jangan mementingkan diet sehingga kalian tidak makan dan pola makan kalian jadi berantakan. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.