Kamis, 17 Maret 2016

Apa itu Migrain?

Apa itu Migrain

Penyakit yang sering dikeluhkan oleh orang kebanyakan adalah sakit kepala. Ada yang dinamakan penyakit migrain. Sudah tahu apa itu migrain? Mungkin sebagian besar dari kalian pernah mengalami ini. 

Karena penyakit ini kerap datang saat kita kelelahan atau kurang makan.Bagi yang belum tahu, mari kita cari tahu di artikel kali ini. Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang sering disertai muntah. 

Biasanya penderita menjadi senditif terhadap cahaya, suara dan aroma tidak sedap. Migrain biasanya hanya sebelah dari kepala kita yang dirasa sakit, tapi juga dapat terasa full.

Migran juga ada beberapa jenis. Migrain biasa, gejalanya sama seperti yang ditulis diatas, akan tetapi dapat sembut selama 4 jam sampai 72 jam, walaupun tidak diobati. 

Nah, yang kedua migrain klasik, migrain ini biasanya didahului oleh gejala yang dinamakan aura (fenomena neurologi fokus yang muncul sebelum atau selama sakit kepala), terjadi dalam 30 menit sebelum timbul migrain.

Penyebab migrain masih belum ditemukan secara jelas. Gejala migrain awalnya memiliki ciri-ciri seinrg menguap, lemah, seperti ngidam (menginginkan suatu jenis makanan), gampang tersinggung dan gelisah. 

Lalu ada fase aura yang tadi dikatakan, aura bisa berupa gangguan penglihatan, kesemutan, merasa lemah dan bingung. Barulah sakit kepala itu muncul. Sakitnya berdenyut-denyut, dari ringan hingga berat dan cepat. 

Semakin kita beraktivitas, semakin rasa sakitnya bertambah.  Biasanya si penderita ingin berada di tempat yang sunyi dan gelap. Karena semakin melihat cahaya, denyutnya semakin terasa dan bertambah mual. Apakah kalian pernah merasakannya? Mudah-mudahan belum.

Nah, kita sudah tahu apa itu migrain. Mari kita cari cara untuk menanggulanginya. Pertama, hindari banyak memakan coklat atau yang berbahan baku MSG, jangan kurang tidur dan harus cukup makan, atasi stress dengan relaksasi. 

Hindari semua penyebab migrain, terutama untuk perempuan. Karena perempuan lebih sering terkena migrain dari pada laki-laki. Migrain juga biasanya ada pada orang yang berumur 20-50 tahun. Puncaknya pada umur 20-30, maka hati-hatilah menjaga pola hidup sehat kalian.