Minggu, 13 Maret 2016

Sering dengar tapi Tahu Nggak, Apa itu NGO?

Apa itu NGO

Pernah mendengar istilah NGO? Jika pernah, tentu kalian tahu dong kepanjangannya, apa itu NGO? Istilah Non- governmental Organization digunakan sejak tahun 1945 (Pendirian PBB). 

NGO adalah organisasi swasta yang menjalankan kegiatan untuk meringankan penderitaan, memelihara lingkungan hidup, mengentaskan kemiskinan, menyediakan layanan sosial, atau pengembangan masyarakat. Istilah NGO ini juga merusuk pada Non-Profit organization (Nirlaba) yang tidak dibawahi pemerintahan.

NGO memiliki peran yang cukup penting bagi sebuah masyarakat dan negara. Uang mengalir dari perorangan, institusi swasta maupun pemerintah dapat masuk dan melakukan banyak pengembangan sesuai bidang NGO tersebut. 

NGO dapat menyokong pengembangan dan pembangunan infrastruktur, proyek percontohan, Jembatan komunikasi antara rakyat dan pemerintahan, Bantuan teknis, Penelitian dan Evaluasi, dan Advokasi.

Bidang yang diambil oleh NGO bermacam-macam ada yang menggeluti bidang Pendidikan, kesehatan, Problem sosial, Lingkungan, Ekonomi. dan isu Gender (biasanya berfokus pada perempuan dan anak-anak). 

Cakupan NGO pun berbeda-beda, sama dengan tenaga atau relawan yang ada didalamnya. Ada yang berbasis masyarakat, dengan cakupan regional sempit, ada yang cakupannya nasional, dan internasional.

Saat ini tentu saja NGO yang sering kita pandang participant (relawan), beorientasi bisnis. Banyak peluang kerja di dalam NGO. Mengapa? dalam paradigma kita NGO memiliki gaji yang rendah atau bahkan tidak digaji, padahal faktanya NGO menwarkan gaji yang relatif tinggi dari organisasi lain. 

Dari segi kemajuan karir pun lebih cepat membuat suatu individu menguasai banyak bidang, karena multi jobdesk yang dilakukan akibat sedikitnya dan sempitnya manajemen organisasi NGO.

Bagaimana, kalian tertarik untuk bekerja di NGO? setelah mengetahui apa itu ngo, mungkin kalian akan berpendapat lain mengenai NGO. Banyak yang mengatakan bahwa NGO hanya ditujukan bagi orang-orang dengan latar belakang sosial. 

Namun pada kenyataannya, NGO bergerak dalam segala lini. Kesehatan, memerlukan tenaga medis, NGO yang bergerak dalam bidang lingkungan perlu orang-orang yang mendalami ilmu alam, dan masih banyak lagi.

NGO membangun negeri dan menghasilkan profit bagi organisasinya sendiri, itu sangat wajar, mengingat hal ini lebih baik dari pada korupsi yang terjadi di pemerintahan suatu negara.