Sabtu, 12 Maret 2016

Apa itu PM? Khusus yang Hobi OLshop

Apa itu PM

Maraknya jejaring sosial Chatting membuat kita harus memahami kata-kata baru dan akronim. Kita kerap kebingungan dengan kata-kata yang dianggap lumrah digunakan oleh orang lain, namun tidak kita ketahui. 

Oleh karena itu, kit aharus mencari makna atau kepanjangan kata tersebut dengan bertanya atau brosing di Internet. Pernah mendengar kata PM? Apa itu PM? 

Ada pembacaan jam AM dan PM, tapi PM disini adalah = post meridiem (after noon = setelah tengah hari). lalu apa itu PM dalam jejaring sosial?

PM dalam jejaring sosial ini, seingat penulis mulai marak di Forum kaskus, forum diskusi no 1 di Indonesia yang membahas apapun. Private Message yang disingkat menjadi PM, adalah suatu cara untuk memberitahu orang lain untuk menghubungi kita secara pribadi. 

Misalnya, seseorang menjual barang di forum atau di grup chatting yang diisi oleh banyak orang lebih dari 2 orang, pasti diberitahukan dibawah iklan tersebut, "yang ingin tahu harganya silahkan PM," kira-kira seperti itulah fungsinya. 

Seperti kitatahu forum tersebut digunakan secara kelompok dalam pembahasan tertentu, jadi untuk pembicaraan yang lebih terfokus dibutuhkan komunikasi dua orang.

Private Message bersifat pribadi, obrolan antara dua orang yang membicarakan kepentingan dan tidak boleh diketahui orang banyak. Apa bedanya dengan sms kepada satu orang dan berchatting ria dengan kekasih? 

Yap, tidak ada bedanya, memang. Hanya PM disini lebih bersifat memberitakan kepada seseorang dalam grup obrolan yang lebih banyak anggotanya untuk menawarkan ber - private jika memang membuntuhkan apa yang ingin orang tersebut tanyakan kepada kita.

Obrolan yang tidak berlaku untuk umum  ini, memang kerap kita lakukan. Jadi sekarang sudah tahu dong apa itu PM? Jangan bingung lagi ketika ada kata-kata, "PM ane linknya gan!, PM aku nomber telpon kamu!" semua kalimat tersebut adalah memerintahkan kita untuk melakukan private message dengannya. 

Oh ya, PM juga sama dengan DM yang artinya direct message, hanya saja DM lebih kepada jejaring sosial Twitter.