Minggu, 13 Maret 2016

Hayo yang Sering Main Tahu Nggak, Apa itu PS?

Apa itu PS

Tidak mungkin jika kita tidak tahu apa itu PS, sejak tahun 1995 kita sudah mengenal istilah ini. Apa itu PS1, PS 2, PS 3 dan PS 4, tentu kita sudah tidak asing lagi. Yap, PlayStation. 

Pertama kali diproduksi pada tahun 1990, diluncurkan pertama di Jepang tahun 1994. Sony, yang menjadi perusahaan pembuat PlayStation yang sangat terkenal dan membentuk generasi.

PlayStation mempunya sejarah yang cukup panjang. Usia PS ini, sudah cukup panjang sekitar 20 tahun. Awalnya PS hanya diperuntukan di Jepang pad athun 1994, setahun kemudian baru menembus pasar Internasional dan langsung booming

Pada jamannya teknologi ini sangat menarik dengan grafis 3D di banding pendahulunya: Nintendo dan Sega.

Di Indonesia, banyak yang sukses menggunakan PS sebagai ladang uang. Usaha rental PlayStation menjadi usaha gemilang pada era tahun 1995-2000. Pemainnya sampai rela menghabiskan waktu ber-jam-jam untuk memainkan game kesayangan mereka.

Konsol game pertama yang menggunakan CS sebagai media penyimpanan adalah Playstation. Sebelumnya konsol menggunakan cartridge. 

Memang kelemahannya adalah pembajakan secara besar-besaran. Para gamers Indonesia juga dapat membeli CD games PlayStation dengan mudah dan murah.

Oh ya, penemu PS ini bernama Ken Kuntaragi. Ken seorang yang pintar. Setelah lulus dari kuliahnya sebagai insinyur elektronika, dia masuk keperusahaan SONY. Tahun 1980, Ia mulai tertarik kepada console permainan. 

Walaupun tidak disetujui oleh SONY, Namun pada akhirnya tetap merampungkan pekerjaan ini. Meledaknya penjualan PS pada tahun diluncurkannya, tercatat 100 juta PlayStation dalam waktu 4 tahun saja, membawa Kutaragi untuk menjadi pemimpin Sony Entertainment pada tahun 1997.

PlayStation satu kini terkesan sudah ketinggalan zaman, bahkan PS 2 sekali pun. Karena generasi PS terus lahir, sehingga teknologinya terus berkembang. PS 3 misalnya, sudah dibekali dengan blu-ray disc dan internal storage. Namun, kabarnya penjualannya tidak segemilang PS 2.

Pada peluncuran PS 4, Sony kembali meraup untung besar. Terbukti dengan penjualannya yang sudah menccapai 10 juta unit pada tahun 2014. PS 4 menjadi konsol terlaris dan tersingkat pada sepanjang sejarah penjualanan. 

Keunggulannya konsol terbaru ini hadir dengan sistem grafis yang lebih kuat dengan prosesor eight-core x86 dan memori RAM 8GB dan juga fitur PlayStation Network (Jaringan On line).