Minggu, 13 Maret 2016

Apa itu Supplier?

Apa itu Supplier

Sering mendengar istilah supplier? Apa itu supplier? Apa bedanya dengan distributor? Agen? Reseller?

Sekilas memang agen, ditributor, reseller, dan supplier tidak terdengar begitu berbeda. Artinya tidak lepas dari berdagang, lalu apa sih perbedaanya? Untuk menjawab kebingungan kita mengenai apa itu Supplier, mari kita cari tahu perbedannya.

Distributor adalah perusahaan yang membeli produk dari produsen dan menjual kembali kepada toko ataupun retail. Distributor juga membeli barang dengan skala besar, sehingga mendapatkan potongan harga yang besar dari produsen. 

Tahukan? Yah, bisa berbentuk grosir juga. Jadi, Distributor ini mendapat barang langsung dari pabrik besar suatu produk makanan, minuman, obat-obatan, pakaian, dll.

Sedangkan Agen adalah orang yang menjual barang dari ditributor menuju ke ratail-retail. Agen adalah jembatan antara distributor dan retailer. Pendapatannya adalah dari komisi penjualan atau selisih harga jual dari distributor. 

Mungkin ini biasanya tergabung dalam suatu perusahaan distributor ataupun terpisah dari distributor.  Contohnya Agen koran, mereka adalah orang-orang yang mendapatkan selisih keuntungan dari distributor suatu perusahaan penerbit koran atau majalah dan akhirnya dijual kembali ke reseller.

Lain halnya dengan reseller, mereka menjual barang dari agen, re= mengulang dan Sell = menjual. dari arti katanya saja kita paham bahwa reseller menjual kembali barang dari agen tersebut ke perorangan atau membuka kios dagang. 

Yah, benar sekali, warung-warung di sekitar rumah kalian itulah retail atau reseller. Contohnya reseler pulsa, pakaian, makanan dan minuman.

Nah, Supplier adalah orang/perusahaan yang secara  berkesinambungan menjual barang kepada pelaku usaha. Biasanya barang yang dijual bukan untuk dijual langsung ke pasaran, melainkan bahan mentah untuk diproduksi. 

Contohnya, jika ada yang sering mengisi tinta printer ke kantor-kantor kalian ataupun kertas, nah itu adalah pihak supplier kantor kalian. Kertas dan tinta tersebut bukanlah barang yang akan dijual lagi, melainkan kalian produksi menjadi sebuah laporan, atau data, arsip kantor, dll.

Sudah jelas ya, apa itu supplier? jadi tidak usah bingung lagi untuk membedakannya ya, Semoga bermanfaat.