Senin, 14 Maret 2016

Apa itu Tripod?

Apa itu Tripod?

Ada yang mengetahui apa itu tripod? Yah, si kaki tiga, dalam dunia fotografi, alat ini sangat berfungsi untuk menahan badan kamera bisa berdiri dengan tegak. Biasanya para fotgrafer menggunakan tripod saat harus memotret dengan sutter spedd diangka 30 atau lebih lambat.

Fungsi tripod sangatlah berguna bagi fotografer. fungsinyalah: Meningkatkan ketajaman pada hasil foto, bisa menggunakan ISO rendah, tanpa ad agoncangan tangan fotografer. 

Sutter speed rendah dapat digunakan dengan baik. Mengambil angle dari tempat yang tidak memungkinkan. Dan pokoknya masih banyak lagi deh kegunaannya.

Bagi kalian yang suka fotografi, pasti tripod membantu kalian menopang kamera saat lelah. Yap, badan kamera dapat disimpan di tripod untuk berdiri tegak tanpa kita pegangi terus menerus. 

Menurut pengalaman penulis, tripod juga berfungsi untuk berfoto bersama saat sang fotografer ingin ikutan foto. hha buat wefie gitu deh. Tripod adalah kerabat pribadi para fotografer.

Oh ya, harga tripod juga beragam. Biasanya harganya tergantung dari bahan baku tripod atau jenisnya. Macam-macam tripod, ada tripod Gimbal Head, Ballhead, Three way pan had, Two way pan had. 

Apa aja atuh? Oke, untuk Gimbal Head, biasanya digunakan jika kalian menggunakan lensa besar, ini lohh, tripod yang digunakan oleh fotografer olahraga di pinggir lapangan sepakbola. 

Nah, kalau Ballhead, ini tripod yang sering kalian lihat dan banyak sekali yang membawanya, disamping ukurannya yang tidak terlalu besar bebannya pun tidak berat untuk dibawa kemana-mana. 

Untuk Two, dan Three way pan had sebenarnya sama saja, untuk memotret benda statis hanya ukurannya yang besar dan biasanya ada di dalam studio foto, yang membedakan two dan three hanya ada penambahan axis dan untuk Two way pan had, biasanya banyak digunakan diluar ruangan seperti: fotografi alam bebas, olahraga ekstrem, dll.

Bagi kalian yang memiliki hobi foto-foto, sebaiknya sudah harus memikirkan untuk membeli tripod, asesoris kamera yang satu ini memang harus dibeli, harga tripod tidak terlalu mahal, tergantung pemilihan dan kebutuh klaian. Harganya berkisar antara 200 ribu lebih.