Rabu, 16 Maret 2016

Apa itu Unlimited?

Apa itu Unlimited

Kita sebagai generasi digital-internet tentu pernah mendengar apa itu unlimited. Bagi yang sudah pernah mendengar tentu tidak asing lagi ditelinga. 

Unlimited adalah suatu layanan data internet, dalam bahasa pasar yang kurang lebih artinya: dapat berinternet dalam masa berlaku walaupun kuota telah habis. 

Biasanya masa paket yang ditawarkan adalah satu bulan penuh. Jadi, selama satu bulan kalian bisa berinternetan secara bebas.

Sebelumnya kita akan membahas dulu kuota. Kuota adalah batas pemakaian internet yang ditentukan oleh provider telepon. Ada dua jenis: Volume based dan Time based. 

Untuk Volume based penghitungan tergantung dari banyaknya data yang diunduh dan data yang diunggah. Sedangkan Time based, dari namanya kita tahu, penggunaannya berdasarkan lamanya penggunaan internet.

Simak juga: Apa itu MLM

Misalnya, kalian membeli paket internet dengan kuota 500 MB, lalu mengunduh (download) sebanyak 10 MB, maka datanya berkurang menjadi 490 MB. Begitu seterusnya sampai menuju angka 0 MB. 

Tetapi dalam time based, misalnya kalian membeli internet dengan kuota 5 jam, kalian dibebaskan mengakses apapun dan mengunduh atapun mengunggah dalam waktu 5 jam. 

Setelah melebihi 5 jam, paket internet tidak dapat digunakan lagi. Tapi paket ini juga bisa disimpan untuk keesokan hari jika pada hari tersebut kalian hanya menghabiskan waktu 2 jam misalnya. Masih ada 3 jam.

Dalam layanan internet kuota, kita seakan dibatasi atau diberi jatah. Layanan ini cocok untuk menghemat data internet, kita dapat me-manage sendiri penggunaan internet kita. 

Nah, keuntungannya adalah kecepatannya tidak dibatasi seperti layanan unlimited. Tapi setelah kuotanya habis, kita perlu mengisi ulang pulsa, karena kuota yang habis tersebut tidak dapat digunakan untuk berinternet lagi.

Sebenarnya paket unlimited yang terkesan tidak berbatas, pun memiliki batasan-batasan tertentu. Batasannya bukan pada besaran bandwidh tetapi dalam kecepatannya yang berkurang. 

Sehingga jika diakhir bulan, untuk membuka suatu laman facebook pun sangat lama. Tidak jarang banyak keluhan yang datang dari para pemakai internet unlimited ini. Sudah tahukan apa itu unlimited? Syukur-syukur kita memiliki uang yang unlimited juga. hhha