Kamis, 17 Maret 2016

Apa itu Vertigo?

Apa itu Vertigo

Ada yang tahu apa itu vertigo? Yaps, bagi yang, menjawab suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling kita terasa berputar, itu benar. Vertigo adalah penyakit pusing, yang parah sehingga dapat menghambat rutinitas. 

Serangan vertigo bisa berlangsung beberapa detik sampai lebih. BIla memang memiliki vertigo yang parah, gejala ini bisa sampai berhari-hari.

Vertigo menyebabkan diri kita kehilangan keseimbangan, sehingga sulit beraktivitas. Bahkan untuk berdiripun akan sulit. Kita merasa berputar-putar hingg amual dan muntah. JIka terjadi hal seperti ini sebaiknya langsung saja pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

Penyebab vertigo adalah keseimbangan di telinga mengalami gangguan. Selain telinga, vertigo bisa disebabkan oleh gangguan di otak. Vertigo beresiko kehilangan pendengaran.

Sama halnya dengan maag, vertigo sering kambuh. Tapi untuk menyembuhkan vertigo, kita mesti mencari tahu asal penyakit yang mengakibatkannya. Penyembuhan vertigo tidak segampang migrain dan maag. 

Harus melalui pengobatan khusus. Obat-obatan, seperti prochlorperazine dan antihistamin, juga umumnya dapat membantu menyembuhkan vertigo. Tetapi obat-obatan tersebut biasanya hanya efektif untuk tahap awal. 

Cara lain yang dilakukan dengan melakukan terapi. Terapi otak untuk meningkatkan sinyal dari telinga yang jadi sebab munculnya verigo, kerap dilakukan.

Untuk orang yang memiliki vertigo sebaiknya tidak melakukan gerakan yang secara tiba-tiba. Jika vertigo mulai terasa muncul, segeralah mencari tempat duduk. Klaian mungkin sering merasa pusing saat mulai berdiri dari kursi kalian, itu gejala awal pada vertigo. 

Dan jika kalian terbangun dari tidur, lalu saat mengangkat badan terasa kepala berputar (kleyengan), itu juga bisa jadi adalah sebuah vertigo. Maka, periksalah diri kalian ke dokter untuk memastikannya.

Vertigo tidak disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi oleh radang pada leher, kelainan saraf, alkohol, atau infeksi. Baiklah, setelah mengetahui apa itu vertigo. 

Baiknya kalian menghindari beberapa hal diatas, seperti mengonsumsi alkohol berlebih, menggunakan obat-obatan terlarang untuk kesenangan, dll. 

Kalian juga harus pandai mengatasi stress dan emosi. Penyakit vertigo yang berlangsung secara berhari-hari akan mengesalkan dan membuat kalian tidak nyaman beraktivitas.