Kamis, 17 Maret 2016

Apa itu Wasir?

Apa itu Wasir?

Betapa tersiksanya ketika kita memiliki penyakit wasir. Apa itu wasir? Menurut wikipedia, wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. 

Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Penderita wasir biasanya kesulitan untuk duduk dan buang air besar. Penderita wasir parah terkadang diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati. Kita dapat menghindari wasir dengan banyak mengonsumsi serat

Wasir terbagi dua; Internal dan eksternal. Internal, biasanya timbul bersama pendarahan rektum tanpa rasa nyeri. Sedangkan ekternal dapat menimbulkan nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. 

Keduanya dapat muncul pada satu orang. Tidak ada yang mengancam nyawa dari penyakit ini. Namun yang berbahaya adalah, seseorang malu mengakui penyakit ini, sehingga untuk berkonsultasi dengan dokterpun biasanya dilakukan setelah mengidap menyakit ini demikian lama.

Wasir biasanya dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan fisik. Memasukkan alat ke dalam dubur untuk memastikan kemungkinan adanya tumor rektal, pembesaran prostat, atau polip.

Nah, faktor pemicu wasir adalah terlalu banyak duduk, awas nih yang terlalu banyak duduk. Faktor keturunan juga mempengaruhi, (Maaf) hubungan seks yang tidak wajar, sembelit. 

Sebaiknya kita mengenal apa itu wasir, sehingga kita bisa mengobatinya dengan segera. Biasanya ada pendarahan dubur, akan merasa ada ganjalan ketika buang air besar, dan anus terasa gatal.

Untuk mengatasinya dan mengobati cukup jalankan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur, makanan berserat, jangan terlalu banyak duduk,kurangi rokok tau benar-benar berhenti, jangan mengonsumsi alkohol. 

Wasir juga dapat dicegah dengan minum air yang cukup setiap hari. JIka kalian sedang mengalami wasir, baiknya kalian berendam di air hangat.

Setelah mengetahuinya, mungkin kalian akan menerapkan gaya hidup yang baik. Terlalu banyak duduk memang kurang bagus untuk kesehatan tubuh kita.