Selasa, 15 Maret 2016

Arti Peribahasa Besar Pasak daripada Tiang, Apa Artinya?

Arti Peribahasa Besar Pasak daripada Tiang

Banyak diantara kita yang menerapkan gaya hidup ‘Besar pasak daripada tiang’, apa itu? Sebelum membahas arti peribahasa besar pasak daripada tiang, akan lebih baik kita membuat suatu contoh dari realitas kita dalam mengatur keuangan dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin kita pernah merasa kehabisan uang, padahal belum waktunya kita mendapatkan gaji untuk bulan berikutnya. Apakah kalian adalah orang yang gaya hidupnya termasuk ‘besar pasak dari pada tiang?’ 

Pertanyaan ini dapat dijawab oleh kalian sendiri. Jika keuangan kalian tidak dapat bertahan dalam waktu enam bulan dengan biaya kehidupan sehari-hari kalian, berarti kalian termasuk orang yang besar pasak dari pada tiang.

Ada trik untuk menjalani masa tua dengan baik. Triknya adalah menyisihkan 10% dari gaji kalian sekarang untuk ditabung. 

Jika kalian berumur 25 tahun, mulailah menabung 10% dari penghasilan kalian sekarang untuk membuat masa tua kalian nyaman tanpa gangguan keuangan. 

Jika ternyata kalian tidak melakukan itu, kalian akan tahu 65 tahun berikutnya bahwa kalian hidup dengan besar pasak daripada tiang.

Sebenarnya arti peribahasa besar pasak daripada tiang adalah dimana kalian mengeluarkan uang lebih dari apa yang kalian dapatkan. Nah, akibatnya adalah kebangkrutan. 

Jika kalian mendapatkan gaji 3 juta rupiah/bulan tapi pengeluaran kalian dalam sebulan bisa mencapai 4 juta, itu maksud peribahasa tersebut. Kok bisa gaji 3 juta tapi pengeluaran 4 juta? 

Ya bisa saja, zaman sekarang ini kita memiliki banyak kemudahan, bahkan dalam peminjaman uang atau kartu kredit. Jelas sekali kita bisa mengeluarkan uang lebih banyak dari jumlah penghasilan kita.

Pada zaman dulu sebelum adanya kartu kredit dan cicilan suatu barang, mungkin hal yang dapat dilakukan hanya meminjam uang kepada perorangan atau bank. 

Namun, seiring berjalannya waktu dan kecanggihan teknologi untuk mempermudah segala hal, hidup kita terancam bangkrut dengan mudah.

Nah, peribahasa ini maknanya sangat syarat sekali dengan pelajaran hidup. Demikian artikel ini, semoga dapat meningkatkan kehidupan kalian dan berusaha lagi untuk menghemat pengluaran.