Selasa, 15 Maret 2016

Arti Peribahasa Tong Kosong Nyaring Bunyinya, Apa Artinya?

Arti Peribahasa Tong Kosong Nyaring Bunyinya

Satu lagi peribahasa yang sering terjadi dikehidupan sehari-hari kita adalah ‘Tongkosong nyaring bunyinya,’ tentu kita sering mendengar. Dari lagu Slank (ban rock asal Indonesia) misalnya, mereka membuat suatu lagu mengenai peribahasa ini.

Tong kosong nyaring bunyinya, tetapi tong kosong banyak bicara, oceh sana sini gak ada isi, otak  udang ngomongnya sembarang,

Kurang lebih begiitulah lirik lagu yang berjudul ‘Tong Kosong’ dari Slank.
Arti peribahasa tong kosong nyaring bunyinya adalah orang yang banyak bicara namun tidak mau bekerja atau orang yang banyak bicara tapi dia tidak memahami apapun (sok tahu). 

Jangan sampai yah, kita menjadi orang yang demikian. Definisi makna dari peribahasa tersebut adalah orang yang terlalu banyak bicara tapi tidak punya kelebihan apapun. 

Kenyataannya adalah Tong (Tempat air atau minyak) apabila dipukul akan nyaring bunyinya. Tapi jika tong tersebut terisi minyak/air dengan penuh, maka bunyinya tidak akan nyaring.

Refleksinya bagi kenyataan adalah manusia yang selalu bericara banyak panjang lebar, ketika membicarakan suatu topic apapun, adalah tong yang kosong. Karena tidak berisi berarti suaranya pun nyaring, saat dipukul.

Seperti kita tahu bahwa peribahasa Indonesia selalu memiliki makna yang padat, kuat, dan menyindir. Seperti pada peribahasa tong kosong nyaring bunyinya ini, kita dapat memetik pelajaran. 

Bahwa kita sebagai manusia jangan terlalu banyak berbicara, melainkan kita harus membuktikannya dengan berbagai aksi nyata. Pelajaran yang kedua adalah sikap banyak berbicara mampu mencerminkan pribadi kita yang serba kekurangan, bukan malah menonjolkan kelebihan dengan menghindari kekurangan kita. 

Lawan bicara kita akan menyadari apa yang kita bicarakan ini benar atau tidak, karena dia pun bisa menilai mana yang dibuat-buat atau yang berlandaskan pemikiran dan pengalaman kita. 

Jadi sebaiknya, saat kita tidak mengetahui sesuatu hal hendaknya bertanya terlebih dahulu, jangan memaksakan kehendak untuk merasa mengerti dan mampu menjelaskan tanpa ada ilmunya.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Dengan memahami arti peribahasa tong kosong nyaring bunyinya.