Rabu, 16 Maret 2016

Hari Ayah Nasional, Lengkap Sudah Keluarga Kita..

Siapa yang meragukan pengorbanan ayah dalam membesarkan kita. anak-anaknya. Ayah memanting tulang untuk mencari nafkah kepada istri dan anaknya. 

Pernahkah terbayangkan oleh kalian, bahwa ada suatu saat dimana kita memanjakkan ayah dan mengucapkan terimakasih kepadanya? Atau memberikan penghargaan yang setimpal?

Ternyata ada saatnya kalian melakukan itu, yaitu di Hari Ayah nasional. Peringatan Hari Ayah ditetapkan pada 12 November. Hari ayah ini memang terkonsep untuk menghormati jasa seorang ayah. 

Jika di Amerika dan negara lainnya Father's Day dirayakan pada hari minggu di pekan ketiga Juni. Di negara tersebut, perayaan Hari Ayah sudah dimulai sejak abad ke-12. 

Biasanya, Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Di German, perayaan ayah dirayakan dengan hari libur, biasanya para lelaki (Ayah), melakukan perjalanan menaiki gunung (Hiking), terkadang dihabiskan dengan minum bir.

Kita mengenal Hari Ibu sejak dulu, namun Hari Ayah belum banyak yang mengetahuinya. Hari Ayah pertama diperingati di Pendopo Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah. 

Hari Ayah ini deklarasikan oleh para perempuan yang tergabung dengan Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada tanggal 12 November 2006. 

Pada saat itu Presiden Indonesia yang sedang menjabat, Susilo Bambang Yudhoyono, mendapatkan piagam deklarasi Hari Ayah dan buku kenangan buat Ayah.

Jadi, saat tanggal 12 November, teman-teman wajib memperingati Hari Ayah Nasional. Mengapa? Ayah adalah sosok yang penting dalam suatu keluarga. 

Jika kalian pernah mendengarkan lagu karya Ebiet G. pasti kalian akan tersentuh mendengar lirik dengan judul 'Titip rindu Buat Ayah', dalam lirik tersebut betapa digambarkannya perjuangan seorang ayah dalam mencari nafkah. Tanpa pernah mengeluh.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat. Bagi kalian yang wanita mungkin akan mngerti perjuangan suami dalam rumahtangga. 

Dan bagi mereka yang lelaki, akan lebih mengingatkan, memantapkan diri, bahwa menjadi ayah itu tidak mudah dan tidak ada sekolahnya. Itulah sebabnya kita sebagai anak dari seorang ayah harus memperingati hari Ayah Nasional, sebagai penghormatan.