Minggu, 13 Maret 2016

Hari Kemerdekaan Malaysia

Hari Kemerdekaan Malaysia

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas negara tetangga kita yaitu: Malaysia. Malaysia adalah negara Federasi yang mempunyai 13 negara bagian serta 3 wilayah persekutuan di Asia Tenggara. 

Dipisahkan menjadi dunia, yaitu Malaysia Barat dan Timur. Negara Malaysia didirikan oleh kolonial Britania Raya. Hari Kemerdekaan Malaysia adalah 31 Agustus 1957.

Suku Melayu menempati wilayah Malaysia, Tionghoa dan India. Agama resminya adalah Islam. Seperti kita tahu Malaysia adalah perintis ASEAN dan menjadi anggota Developing eight bersama Indonesia, Bangladesh, Iran, Mesir, Nigeria, Turki dan Pakistan.

Nama Malaysia mulai digunakan pada 1963. Pernah juga ada pengajuan nama Langkasuka, diambil dari kerajaan kuno yang terdapat di Semenanjung Malaya pada milenium pertama masehi.

Kesultanan Melaka bertahta pada abad ke-15, didirikan oleh Prabu Parameswara dari Palembang di kerajaan Sriwijaya. Sampai akhirnya runtuh  pada 1511 oleh Portugal. Pada 1786, Britania Raya mendarat dan mendirikan koloni di semenanjung Malaya. 

Britania menandatangani janji dengan Belanda, yang berarti membagi dua wilayah: Malaya untuk Britania dan Indonesia untuk Belanda.

Saat memulai pembentukannya, hari kemerdekaan Malaysia pada Agustus 1957, ada konflik dengan Indonesia yang dicetuskan oleh Soekarno melalui Dwikora karena ketidaksesuaian dengan laporan sekretaris PBB. Malaysia sejak saat itu memelihara keseimbangan politik dan pertumbuhan ekonomi yang pesat.

TIdak seperti Singapura yang minim Sumber Daya Alam, Malaysia diberkahi dengan sektor pertanian dan kehutanan, bahkan pertambangan. Malaysia adalah pengekspor karet dan sawit. Sumber kehutanannya menghasilkan kayu damar.  

Pertambangan Timah dan minyak bumi turut menyokong lajunya ekonomi negara ini.  Timah lah yang menjadi pundi-pundi berharga pada abad ke 19 dan 20 bagi Malaysia. Sekarang penemuan minyak bumi dan gas alam menghidupi Malaysia dan menggeser timah sebagai komoditas utama.

Kemerdekaan diberikan oleh kerajaan Inggris pada 31 Agustus 1957. Sejak saat itulah menjadi hari kemerdekaan Malaysia. Bendera Union pun diturunkan dan digantikan oleh bendera Malaysia yang berkibar beserta lagu kebangsaannya. Duke of Gloucester, menjadi perwakilan Ratu saat itu. Ia membacakan proklamasi dan meneriakan kata "Merdeka!"