Selasa, 07 April 2020

Hari Kemerdekaan Singapura

Hari Kemerdekaan Singapura

Singapura, adalah negara tetangga yang sempurna, bersih, teratur, pusat hiburan lengkap, dan masih banyak lagi. Lewat buku-buku sejarah kita tahu bahwa Singapura dulunya adalah bagian dari kerajaan Sriwijaya, pada abad ke-14. 

Dulu bernama Tamasek, sampai Sang Nila Utama, Raja Sriwijaya mengunjunginya. Singapura masih menjadi teritori Sultan Melayu sampai 1824. Kemudian menjadi kolonial Britania pada 2 Agustus 1824.

Stamford Raffles, adalah orang yang lebih termasyur dibanding Sang Nila Utama. Nama Raffles ada ditiap sudut-sudut kota Singapura. Dia adalah seorang petinggi Inggris yang dilantik di Bengkulu. 

Kepopulerannya bukan tanpa sebab, Ia yang menyulap Singapura menjadi modern pada awal dekade 1800-an. Lokasi Singapura yang strategis, berada di Hindia dan Laut China selatan menjadikannya pelabuhan yang kerap didatangi saudagar. Saat inilah mulai berdatangan orang dari Asia Tenggara, Eropa, dll. Jadilah SIngapura yang multi etnis.

Tentara Jepang mendarat di Bharu, Kelantan. Kapal Prince of Wales dan kapal Repulse tenggelam akibat dimusnahkan oleh tentara Jepang. Jepang terus maju, sehingg amemaksa Inggris untuk mundur. 

Sampai akhirnya Jepang berhasil menguasai tanah melayu dan bersiap menyerang Singapura. Letnan-Jenderal Arthur Ernest Percival, Inggris menyerah kalah terhadap jepang.
Nah, karena Singapura dijajah Inggris, tentu dong ada hari kemerdekaan Singapura.

Hari kemerdekan Singapura adalah pada tanggal 9 Agustus 1965. Presiden pertamanya bernama Yusof bin Ishak dan Lee Kuan Ywe menjadi perdana menteri pertama Republik Singapura. Lee Kuan Ywe yang terkenal dengan legalitas kasino di Singapura untuk mendongkrak pariwisata.

Begitulah sejarah singkat Singapura yang kini memiliki ekonomi pasar yang sangat maju. Ekonomi Singapura sangat kompetitif, tak heran jika Singapura adalah salahsatu negara macan Asia. Banyak Ekspatriat yang bekerja di Singapura.

Dari segi militer, walaupun Singapura negara yang kecil, tapi Singapura memiliki pasukan militer yang maju di Asia Tenggara. Angkatan bersenjata mempunyai tugas untuk mencegah adanya kemungkinan serangan serta menyediakan bantuan kemanusiaan. 

Singapura memiliki jaringan pelatihan bersama Amerika Serikat, Australia, Republik Tiongkok, Perancis. Singapura sangat waspada dalam memperkuat pertahanannya sejak 1980.